Antisipasi Banjir, Depok Keruk Situ Bahar & Rawa Besar

Kamis, 26 November 2015 - 17:11 WIB
Antisipasi Banjir, Depok Keruk Situ Bahar & Rawa Besar
Antisipasi Banjir, Depok Keruk Situ Bahar & Rawa Besar
A A A
DEPOK - Untuk menampung luapan air, Pemkot Depok melakukan pengerukan terhadap Situ Bahar dan Situ Rawa Besar. Tak hanya itu, Pemkot Depok juga menyiapkan 110 petugas satgas banjir.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok Mato mengatakan, tahun ini Pemkot Depok menormalisasi dua situ.

"Sebenarnya normalisasi kewenangan pemerintah pusat, kami hanya melakukan pengerukan sedimen lumpur agar volume yang ditampung bisa lebih banyak," katanya kepada wartawan, Kamis (26/11/2015).

Selain pengerukan dua situ, Pemkot Depok juga menyiapkan 110 satgas banjir yang akan memantau titik rawan banjir. Mereka juga akn terjun langsung ke lapangan untuk membersihkan aliran sungai.

"Kami usahkan setiap kecamatan ada satu group satgas banjir. Tim satgas banjir menjadi ujung tombak kami,” jelasnya.

Data Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Depok menyebutkan, kegiatan rehabilitasi, normalisasi, dan penurapan penanggulan saluran irigasi sebanyak 46 lokasi.

Kegiatan penataan sistem drainase kota bidang sumber daya air sebanyak 77 lokasi. Kegiatan pemeliharaan Daerah Aliran Sungai (DAS) sebanyak 8 lokasi. Kegiatan pengendalian penataan sempadan air sebanyak satu lokasi dan kegiatan konservasi bidang SDA sebanyak satu lokasi.

Tak hanya itu Pemerintah Kota Depok melalui surat Wali kota juga sudah menagih janji pemerintah pusat untuk menormalisasi 26 situ di Depok dengan perkiraan anggaran lebih dari Rp450 miliar.

PILIHAN:

Lulung Yakin Ahok Jadi Tersangka Kasus UPS
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4960 seconds (0.1#10.140)