Pemkot Depok Sweeping Pelajar Gendut

Kamis, 22 Oktober 2015 - 11:22 WIB
Pemkot Depok Sweeping Pelajar Gendut
Pemkot Depok Sweeping Pelajar Gendut
A A A
DEPOK - Untuk mengantisipasi obesitas sejak dini, Pemerintah Kota Depok melakukan pendataan terhadap siswa gendut. Pendataan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Depok bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Depok.

Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinas Kesehatan Kota Depok, Zakiah mengatakan, pendataan siswa gendut telah dimulai sejak Juli. Pengukuran indeks masa tubuh (IMT) dilakukan oleh guru masing-masing sekolah.

"Guru SD, SMP dan SMA negeri sudah dilatih bagaimana mengukurnya, dan memeriksanya. Setelah itu mereka akan menginputnya ke sibugar," kata Zakiah kepada wartawan di Depok, Kamis (22/10/2015).

Pendataan dilakukan berdasarkan berat badan, tinggi. Kemudian dilihat status gizi khususnya pada orang dewasa. Berat badan dibagi tinggi badan kemudian dikuadratkan dalam meter.

"Bulan November kita mau ada pertemuan lagi untuk mengevaluasi. Nanti total akhir pendataannya dibulan Desember," ujarnya.

Apabila disekolah ditemukan siswa yang gendut dan tidak bugar, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan sekolah. Kemudian akan dihidupkan kantin sehat dan melakukan pelatihan untuk kebugaran jasmani.

"Guru olahraga juga diminta untuk menambah latihan, karena ini kan tanggung jawab dia. Kalau obesitas saat masih kecil bagaimana dewasa nanti," ucapnya.

Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, Rezky M Noor mengatakan, pendataan ini perlu dilakukan untuk tujuan deteksi kesehatan siswa. Sehingga jika ditemukan siswa yang obesitas bisa langsung diambil langkah antisipasi. "Misalnya dilakukan treatment terhadap siswa itu," katanya.

Dengan deteksi seperti ini maka diharapkan seluruh siswa Depok menjadi bugar. Sehingga berdampak pada peningkatan prestasi baik akademik dan non akademik.

"Kalau siswa sehat tentunya proses belajar menjadi lebih bagus. Anak bisa menyerap pelajaran dengan fokus jika tubuhnya sehat," pungkasnya.

PILIHAN:

Dalang Penculik Mahasiswi UI Orang Dekan Korban

Pemprov Tolak GrabCar Lamborghini Mengaspal di Jakarta
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7407 seconds (0.1#10.140)