Dinkes DKI Temukan Sapi Terindikasi Antraks di Jaksel

Kamis, 01 Oktober 2015 - 22:48 WIB
Dinkes DKI Temukan Sapi...
Dinkes DKI Temukan Sapi Terindikasi Antraks di Jaksel
A A A
JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menemukan hewan kurban yang terindikasi antraks. Hewan kurban yang ditemukan itu adalah sapi di Kelurahan Pela Mampang, Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel).

Kepala Dinkes DKI Jakarta Koesmedi Priharto mengatakan, kedua sapi ini dibawa dari daerah Jawa Barat. Satu sapi dikirim ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) 1 RW10 Kelurahan Pela Mampang. Serta satu sapi lainnya ke arung Silah, Ciganjur, Jagakarsa.

"Dari truk yang sama ada empat sapi. Dua dikirim ke Jakarta, dan dua lainnya ke daerah Ciledug Tangerang," kata Koesmedi di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015).

Lebih lanjut Koesmedi menceritakan, kronologis terkait sapi tersebut. Sapi yang pertama dikirim ke MTs semula terlihat sehat.

Namun setelah beberapa hari, sapi tersebut mengalami gejala antraks seperti mulut berbusa. Sapi tersebut kemudian mati dan langsung dikubur oleh warga setempat.

"Sapi kedua ini juga mengalami gejala yang sama. Tapi sudah mati saat belum diserahkan ke pembelinya dan langsung dibawa kembali," katanya.

Koesmedi mengaku, Dinkes telah mengambil sampel dari sapi yang diduga terkena antraks. Sampel langsung dikirim ke labolatorium di Subang, Jawa Barat.

"Dalam dua minggu baru diketahui hasilnya, apakah sapi benar mengidap antraks atau tidak," ucapnya.

PILIHAN:

Ciri Hewan Kurban Tidak Layak Disembelih
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0802 seconds (0.1#10.140)