Belum Groundbreaking, Ini Masalah Proyek Kampung Atlet

Kamis, 01 Oktober 2015 - 14:21 WIB
Belum Groundbreaking, Ini Masalah Proyek Kampung Atlet
Belum Groundbreaking, Ini Masalah Proyek Kampung Atlet
A A A
JAKARTA - Pembangunan kampung atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat diduga memiliki masalah. Pasalnya, hingga kini peletakan batu pertama atau groundbreaking yang diprediksi dilakukan September belum juga dilaksanakan hingga Oktober 2015.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, yang menjadi masalah adalah peralihan tempat menginap atlet Asean Games yang nantinya bisa juga dipakau sebagai rusunawa. Karena, setelah Asean Games berakhir, nantinya Apartemen D10 atau Wisma Atlet akan dialihfungsikan menjadi rusunawa bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Permasalahannya, ada di kemudian hari, semua pejabat lembaga negara termasuk penegak hukumnya, pemeriksanya, pejabat-pejabat harus komitmen, kalau kami membangun Apartemen D10, yang dalam perjanjian hibah ada klausul Apartemen D10 untuk rusunawa MBR," kata Heru di Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015).

Fasilitas para atlet Asian Games 2018 nanti akan seperti hotel bintang empat atas keinginan Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Sementara setelah tiga bulan dipakai, Pemprov DKI akan mengalihfungsikan apartemen tersebut menjadi rusunawa untuk MBR.

"Kami harus memberikan sesuai dengan klasifikasi dari Kementerian Keuangan. Kami jangan disangka pemborosan, atau kemewahan. Semua harus sepakat," ujarnya.

Lebih lanjut untuk pembangunan Apartemen D10 akan dilakukan oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Sambungnya, kemungkinan besar meminjam dana dari bank selain menerima suntikan modal melalui dana Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) dari Pemprov DKI sebesar Rp1 triliun.

"Itu kan sudah bisnis ya silakan saja kalau pihak bank ada yang mau kerja sama dengan PT Jakpro lantas ada hitung-hitungan bisnisnya, enggak apa-apa," tuturnya.

PILIHAN:


September, Ahok Harap Groundbreaking Kampung Atlet Dimulai

Tertunda 2 Minggu, Besok Groundbreaking Kampung Atlet Dilakukan


3 Hari Tak Pulang, Siti Digorok Suami
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3840 seconds (0.1#10.140)