5 Rusunawa Milik Pemprov DKI, Nomor 2 Dilengkapi Jogging Track

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 07:37 WIB
loading...
5 Rusunawa Milik Pemprov DKI, Nomor 2 Dilengkapi Jogging Track
Pemprov DKI Jakarta telah meresmikan sebanyak 33 tower dengan 7.421 unit dalam 12 kompleks rusunawa, pada Agustus 2022 lalu.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta telah meresmikan sebanyak 33 tower dengan 7.421 unit dalam 12 kompleks rusunawa, pada Agustus 2022 lalu. Rusunawa yang dibangun maupun direvitalisasi Pemprov DKI Jakarta ini bervariasi, baik dalam hal jumlah tower, jumlah lantai, maupun jumlah unit.

Ada rusunawa yang memiliki lebih dari seribu unit sehingga menjadikannya rusunawa terpadat. Sesuai namanya, rusunawa atau rumah susun sederhana sewa disewakan untuk masyarakat. Untuk warga umum, biaya sewa rusunawa yang dikenakan per bulan sebesar Rp765.000.

Sedangkan bagi warga yang terdampak penataan kota atau bencana, diistilahkan dengan warga terprogram, biaya sewanya lebih rendah yakni Rp505.000 per bulan. Baca: Rusun Terpadat di Jakarta, Berikut Harga Sewa per Bulannya

Berikut lima rusun yang dimiliki Pemprov DKI dirangkum dari berbagai sumber;

1. Rusunawa Pulo Jahe

Rusunawa Pulo Jahe berlokasi di Jalan Swadaya, Cakung, Jakarta Timur. Rusun ini memiliki total 750 unit, yang terdiri dari 748 unit hunian tipe 36 serta dua unit hunian difabel, lengkap dengan sarana prasarananya. Unit hunian tersebar di dua menara, masing-masing memiliki 24 lantai. Terdapat beberapa fasilitas umum yang bisa dinikmati penghuninya, misalnya bank, masjid, perpustakaan, PAUD, TK, trek joging, serta akses menuju transportasi umum.

2. Rusunawa Penjaringan

Rusunawa Penjaringan terletak di Penjaringan, Jakarta Utara. Di kompleks Rusunama Penjaringan terdapat empat menara dengan 20 lantai. Total unit yang dimiliki rusun ini sebanyak 1.010 unit. Dari jumlah tersebut, dua unit di antaranya merupakan hunian yang ditujukan bagi difabel. Kini, Rusunawa Penjaringan telah dihuni oleh 909 kepala keluarga. Rusunawa Penjaringan telah dilengkapi dengan sarana dan prasarananya, antara lain bank, jogging track, ruang komunal.

3. Rusunawa Daan Mogot

Rusunawa Daan Mogot mempunyai empat menara yang terdiri dari 16 lantai. Jumlah unit pada rusunawa yang berada di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat ini mencapai 1.064 unit. Seperti rusunawa lainnya, Rusunawa Daan Mogot juga memiliki dua unit hunian bagi difabel, yang telah dilengkapi dengan sarana dan prasarananya. Rusunawa ini memiliki fasilitas olahraga lapangan volly dan lapangan futsal.

4. Rusunawa PIK Pulogadung Tahap II

Terdiri dari enam menara dengan 16 lantai, Rusunawa PIK Pulogadung Tahap II berlokasi di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Total hunian unit yang dimiliki rusun ini berjumlah 1.412 unit. Jumlah tersebut terdiri dari beberapa jenis peruntukan, yaitu unit rusun keluarga sebanyak 511 unit (507 unit hunian tipe 36 dan empat unit hunian difabel) dan unit rusun pekerja berjumlah 901 unit (897 unit hunian tipe 18 dan empat unit hunian difabel tipe 36). Rusunawa PIK Pulogadung Tahap II dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai.

(hab)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2649 seconds (11.210#12.26)