Cegah Banjir di Jakarta, 2 Situ di Cibinong Disatukan

Senin, 28 September 2015 - 00:38 WIB
Cegah Banjir di Jakarta, 2 Situ di Cibinong Disatukan
Cegah Banjir di Jakarta, 2 Situ di Cibinong Disatukan
A A A
BOGOR - Memasuki musim penghujan, sejumlah proyek penanggulangan banjir DKI Jakarta di kawasan hulu Sungai Ciliwung, tepatnya di wilayah Kabupaten Bogor terus dikebut sejak Agustus. Meski demikian Pemkab Bogor mengaku proyek yang sebagian besar hanya rehabilitasi dan perbaikan dinilai masih kurang optimal untuk mengatasi banjir di Jakarta.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bogor Syarifa Sofiah mengungkapkan, beberapa kegiatan yang saat ini tengah berlangsung dalam mengatasi bencana banjir DKI Jakarta di antaranya optimalisasi bendungan Jogjogan di kawasan Puncak dan penyatuan Situ Kabantenan dengan Situ Cikaret, di Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Kita fokus pada kegiatan rehabilitasi Bendungan Jogjogan dan optimalisasi dua situ di Cibinong saja. Kita sengaja menyatukan Situ Kabantenan dengan Situ Cikaret, karena lokasinya cukup berdekatan. Diharapakan dapat meningkatkan daya tampung air guna menghindari banjir Jakarta," kata Syarifah Sofiah, Minggu 27 September 2015 kemarin.

Alasan fokus perbaikan dua situ tersebut, selain untuk ikut serta dalam meminimalisir banjir Jakara, juga memiliki nilai jual yang cukup potensial untuk dijadikan objek wisata. "Rencananya hasil dari penyatuan dua situ itu akan dipromosikan menjadi salah satu objek wisata. Sebab, lokasinya sangat strategis letaknya persis di tengah pusat Pemkab Bogor,” ujarnya.

Namun pihaknya mengaku tidak bisa berkontribusi banyak dalam mengatasi bencana banjir yang biasanya terjadi saat musim hujan, dikarenakan jumlah situ di Kabupaten Bogor cukup banyak dan membutuhkan anggaran besar."Jumlah situ yang rusak ada 59, sedangkan tahun ini yang sedang dalam proses perbaikan baru lima," jelasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8141 seconds (0.1#10.140)