DKI Targetkan, Tahun 2019 Bebas Kawasan Kumuh

Rabu, 26 Agustus 2015 - 19:09 WIB
DKI Targetkan, Tahun 2019 Bebas Kawasan Kumuh
DKI Targetkan, Tahun 2019 Bebas Kawasan Kumuh
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI menargetkan Jakarta bebas kawasan kumuh pada tahun 2019. Tak main-main, DKI menargetkan angka nol persen untuk pemukiman kumuh.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, pada tahun 2012 terdapat 309 RW kumuh di Jakarta. Sebelumnya, pada 2008, BPS mencatat 415 RW kumuh. Jakarta Utara, merupakan kawasan paling kumuh. Di kawasan itu tercatat sebanyak 96 RW rumah kumuh.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan Pemprov DKI akan melakukan pemutakhiran data kawasan kumuh di Jakarta. Agar pihaknya dapat membuat pemetaan kawasan kumuh yang akan diperbaiki menjadi kawasan yang baik dan layak huni.

“Untuk pendataannya, akan kita lakukan itu. Karena pendataan harus konkrit, betul-betul lengkap. Dimana lokasinya, statusnya, karakter lokal, potensi, sampai jumlah penduduknya berapa. Data itu harus rampung dalam waktu singkat. Karena targetnya 2019, Jakarta bebas kawasan kumuh,” kata Djarot di Melawai, Jakarta Selatan, Rabu (26/8/2015).

Djarot mengungkapkan ketika sudah ditertibkan rumah kumuh, maka harus ada tempat yang lebih laik lagi bagi warga khususnya yang terkena program normalisasi.

“Selanjutnya, bagaimana strateginya? Kalau kawasan kumuh yang menempati lahan negara dan terkena program normalisasi, maka akan direlokasi ke rumah susun," katanya.

Saat ini, lanjut Djarot, langkah tersebut sudah dilakukan Pemprov DKI dengan Kementerian PU dan perumahan Rakyat (Kemen PU-Pera) . Dia mencontohkan warga Kampung Pulo yang direlokasi ke rusun Jatinegara Barat. "Rusun itu yang bangun pusat, kalau tanahnya Pemprov DKI yang sediakan,” jelasnya.

PILIHAN:

Ahok Pertimbangkan Penggusuran Tahap 2 di Kampung Pulo

Ini Tujuan Ahok Gusur Warga Kampung Pulo
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4331 seconds (0.1#10.140)