Mensyukuri 70 Tahun RI, Umat Islam Gelar Parade Tauhid

Jum'at, 14 Agustus 2015 - 05:48 WIB
Mensyukuri 70 Tahun RI, Umat Islam Gelar Parade Tauhid
Mensyukuri 70 Tahun RI, Umat Islam Gelar Parade Tauhid
A A A
JAKARTA - Dalam rangka mensyukuri nikmat 70 tahun kemerdekaan Indonesia, umat Islam akan menggelar halalbihalal akbar dengan tajuk Parade Tauhid Indonesia (PTI) pada Minggu (16/8/2015).

Dalam rilis yang diterima Sindonews disebutkan, Parade Tauhid Indonesia akan dimulai dengan salat malam berjamaah pada pukul 03.00 WIB di Masjid Istiqlal, Jakarta. Lalu dilanjutkan dengan Salat Subuh Akbar serta ceramah oleh Ketua Panitia Ustaz Haikal Hassan. Setelah itu, peserta akan melakukan pawai dan mendengar orasi tokoh-tokoh umat.

"Dengan mengambil tema 'Bertauhid dalam Islam Rahmatan Lil 'Alamin, kami berharap tumbuhnya kembali kesadaran tauhid setiap muslim dalam menjalani kehidupan individu, keluarga, bermasyarakat, dan bernegara," kata Juru Bicara Panitia Pelaksana Parade Tauhid Indonesia Mustofa B Nahrawardaya.

Parade ini dipersembahkan dengan menekankan Islam rahmatan lil 'alamin sebagai proklamasi kembali, bahwa Islam diturunkan sebagai agama damai dan keselamatan. Untuk menebarkan rahmat bagi alam semesta, bukan hanya bagi sesama manusia.

Tauhid juga berarti amanah dalam memimpin, cinta dan takut kepada Allah, takut siksa neraka, tidak korupsi, membela kepentingan rakyat, saling menolong, rela berkorban, mengikuti jalan yang lurus, meninggalkan ego kelompok, mau bekerja sama untuk Islam, dan lainnya.

Rute perjalanan parade yang digelar dari Pukul 07.00 WIB hingga 12.00 berawal dari Plaza Utara Gelora Bung Karno, Jalan Jenderal Sudirman, Bundaran HI, Bundaran Ratu Plaza, dan kembali lagi ke Senayan. Ditargetkan, 100.000 orang turut serta dalam parade ini.

Sejumlah tokoh nasional telah memberi dukungan untuk menyukseskan acara ini. Mereka antara lain KH Abdullah Gymnastiar (Pimpinan Daarut Tauhiid), Prof. Dr. Din Syamsuddin (Ketum MUI), Ustaz Arifin Ilham (Pimpinan Majelis Az-Zikra), KH Abdul Rasyid Abdullah Syafi’i (Pimpinan Perguruan Asy-Syafi’iyah), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, KH Cholil Ridwan (Ketua MUI), Habib Rizieq Shihab (Imam Besar FPI), Ustaz Bachtiar Natsir (Sekjen MIUMI).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8499 seconds (0.1#10.140)