Mengemis, Satu Keluarga Asal Banyuwangi Terjaring Razia

Jum'at, 26 Juni 2015 - 21:38 WIB
Mengemis, Satu Keluarga Asal Banyuwangi Terjaring Razia
Mengemis, Satu Keluarga Asal Banyuwangi Terjaring Razia
A A A
JAKARTA - Satu keluarga asal Banyuwangi, Jawa Timur, terjaring dalam razia PMKS yang dilakukan Sudin Sosial Jakarta Pusat. Mereka yang terdiri dari ayah, ibu dan dua anak kedapatan mengemis di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Susana Budi Ekowati, Tri bersama istri dan kedua balitanya tertangkap tangan saat mengemis di JPO Sarinah. Apa pun alasannya mengais rezeki dengan cara meminta-minta atau mengemis di tempat umum tidak diperbolehkan.

"Perbuatan tersebut melanggar Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 8/2007 tentang Ketertiban Umum," kata Susan kepada wartawan, Jumat (26/6/2015). Satu keluarga ini, lanjut Susan, akan dipulangkan ke kampung halaman mereka di Banyuwangi.

Sementara itu kepala keluarga pengemis yakni Tri mengatakan, terpaksa mengemis karena sudah kehabisan bekal di Jakarta, dan tidak tahu harus bagaimana lagi untuk mencari makan. Dia mengelak jika kedatangannya dari kampung halaman ke Jakarta untuk menjadi pengemis.

"Niat awal ke Jakarta mau cari kerja sama saudara, tapi ternyata saudara juga lagi tidak ada kerjaan. Mau pulang ke kampung juga sudah tidak ada uang," jelasnya.

Kepada petugas Sudin Sosial, Tri meminta untuk tidak membawanya ke panti sosial dan lebih memilih kembali ke kampung halaman.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7197 seconds (0.1#10.140)