Pengamat: Usia Remaja Jadi Faktor Begal Sadis

Jum'at, 27 Februari 2015 - 08:39 WIB
Pengamat: Usia Remaja Jadi Faktor Begal Sadis
Pengamat: Usia Remaja Jadi Faktor Begal Sadis
A A A
JAKARTA - Begal sepeda motor yang kerap membuat korbannya terluka lantaran mereka masih berusia remaja. Karena, seorang remaja pada umumnya masih memiliki sifat irasional dan agresif.

"Ini tidak terlepas dari umurnya pelaku yang masih berusia remaja," kata pengamat sosial budaya dari UI Devie Rahmawati saat dihubungi Sindonews, Kamis 26 Februari 2015.

Menurut dia, pelaku yang masih berusia remaja bertindak tanpa memikirkan akibatnya. Bahkan, mereka cenderung lebih sadis dalam melukai korbannya.

"Seorang remaja cenderung bersikap agresif dalam melakukan sesuatu. Bertindak secara irasional dan tidak pikir panjang. Akibatnya, saat melakukan aksinya itu dan dalam kondisi psikologis yang tidak stabil, remaja tersebut cenderung bersikap brutal hingga melukai korbannya," tuturnya.

Maka itu, kata Devie, pentingnya memberikan pengetahuan soal kedisiplinan sejak usia dini. Seperti memberikan pemahaman pengetahuan soal bahaya melakukan tindak kekerasan untuk mengarahkan generasi muda ke arah yang lebih baik.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6240 seconds (0.1#10.140)