Ajarkan Cinta Lingkungan, DKI Galakkan 'Diet Sampah'

Minggu, 22 Februari 2015 - 21:25 WIB
Ajarkan Cinta Lingkungan, DKI Galakkan Diet Sampah
Ajarkan Cinta Lingkungan, DKI Galakkan 'Diet Sampah'
A A A
JAKARTA - Untuk menanamkan pendidikan berbasis lingkungan hidup kepada siswa-siswi di DKI, Dinas Kebersihan DKI Jakarta menggalakkan program 'Diet Sampah' ditiap sekolah.

"Saat ini baru sekolah Santa Ursula di Jakarta Pusat sebagai sekolah percontohan program Diet Sampah," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Saptasri Ediningtyas di Jakarta, Minggu (22/2/2015).

Diet Sampah itu, lanjut Tyas, pihak penjual makanan di kantin sekolah tidak akan menyiapkan kantong plastik sebagai bungkus makanan, atau minuman.

"Jadi siswa diharuskan membawa tempat makan. Penjual tidak akan melayani jika pembeli tidak membawa tempat makan tersebut," tambahnya.

Selain program itu, kata dia, program bank sampah juga akan terus digiatkan kembali untuk mengurangi sampah yang ada di DKI yang dalam sehari bisa mencapai 6,5 ton.

"Kami terus melakukan sosialisasi tentang Bank Sampah, selama ini sudah ada namun belum berjalan maksimal," ujarnya.

Pemerintah pusat mencanangkan 'Indonesia Bebas Sampah 2020', Jakarta sebagai Ibu Kota negara harus memulai berbenah sejak diri untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena Jakarta akan menjadi kawasan percontohan bersih dari sampah.

"Mulai dari diri sendiri, misalnya pertama dengan tidak membuang sampah sembarangan, memilah sampah organik dengan non organik," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4303 seconds (0.1#10.140)