Bogor Pasang Alat Pendeteksi Bencana

Sabtu, 14 Februari 2015 - 14:16 WIB
Bogor Pasang Alat Pendeteksi Bencana
Bogor Pasang Alat Pendeteksi Bencana
A A A
BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Bogor tengah memasang alat early warning system di sejumlah lokasi rawan rawan bencana. Ini dilakukan guna mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor.

Kepala Seksi Logistik BPBD Kabupaten Bogor Budi Aksomo menjelaskan, tahap pertama lokasi yang dipasang yaitu daerah Desa Bojongkulur, Gunungputri, Kabupaten Bogor. Saat ini, alat early warning system sudahdipasang di Desa Bojongkulur yang kerap menjadi langganan banjir akibat meluapnya Sungai Cikeas.

"Selain memasang alat early warning system untuk banjir, kita juga telah memasang Landlide Early Warning (LEW) yakni alat untuk memantau pergerakan tanah. Alat ini, digunakan untuk menghindari dampak buruk dari bencana tanah longsor," jelasnya kepada wartawan. Jadi dengan alat ini, lanjut Budi, BPBD bisa minimalisir dampak buruk dari longsor.

Bahkan bisa dilakukan antisipasi sebelum longsor itu terjadi. Namun pihaknya masih membutuhkan puluhan alat lagi, karena lokasi banjir dan longsor di Kabupaten Bogor cukup banyak. "Bogor itu luas dan titik-titik longsornya banyak. Artinya, satu alat belum cukup. Idealnya sih 25 alat," katanya.

Seperti di ketahui, ada 25 Kecamatan dari 40 Kecamatan di Kabupaten Bogor dianggap sebagai wilayah rawan longsor. Sejak awal 2015, kata Budi, sudah 21 kali bencana longsor terjadi di wilayah Kabupaten Bogor.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6175 seconds (0.1#10.140)