JJ Rizal: Pemda Bicara Banjir Hanya Musim Hujan Saja

Sabtu, 29 November 2014 - 08:24 WIB
JJ Rizal: Pemda Bicara Banjir Hanya Musim Hujan Saja
JJ Rizal: Pemda Bicara Banjir Hanya Musim Hujan Saja
A A A
DEPOK - Sejarawan Universitas Indonesia (UI) JJ Rizal memberikan kritik kepada seluruh pemerintah daerah di Indonesia yang kini tengah sibuk bergotong royong mempersiapkan datangnya banjir di musim hujan.

Rizal mencibir perhatian tersebut baru diberikan setiap kali musim hujan saja.

"Di semua tempat di Indonesia ini lucu, orang baru memikirkan masalah banjir dan dampak ketika musim hujan tiba. Padahal ini kerja yang harus dilakukan sepanjang tahun di musim apapun," tukas Rizal di Depok, Jumat 28 November kemarin.

Bicara daerah hulu, lanjut Rizal, sebelum air sampai ke Jakarta semestinya ditahan di Depok sebagai kota yang sejatinya menjadi kawasan biru.

"Depok kota biru. Bukan hanya terdiri dari banyaknya situ. Depok ruang pertahanan Jakarta untuk peresapan air, dan ruang penampungan yang memungkinkan Jakarta tak alami krisis air dan banjir. Sebab saat ini cuaca makin ekstrim disaat hujan akan basah sekali dan disaat musim panas kekeringan," tegasnya.

Dalam konteks ini, kata dia, seharusnya pemerintah daerah bisa saling berkolaborasi bukannya berkelahi saling serang dan menyalahkan soal banjir.

"Ketika menyerang itu tidak bermanfaat. Depok miliki kepentingan di Jakarta begitupun sebaliknya," ujarnya.

Rizal mengatakan, riset JICA terkait master Ali Sadikin pada tahun 1976 bahwa Jakarta makin tak memungkinkan untuk membenahi banjir.

Sehingga, DKI harus mulai merangkul pemerintah di Bodetabekjur untuk bekerjasama atasi banjir.

"Di Jakarta tata ruang dan penduduk makin padat. Benahi banjir harus lingkup se-Jabodetabek. Ini yang harus disadari," tutupnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8816 seconds (0.1#10.140)