Polda Diminta Gencarkan Sosialisasi Tilang Elektronik

Kamis, 13 November 2014 - 20:19 WIB
Polda Diminta Gencarkan Sosialisasi Tilang Elektronik
Polda Diminta Gencarkan Sosialisasi Tilang Elektronik
A A A
JAKARTA - Sebelum menerapkan penilangan secara elektronik, pihak kepolisian diminta melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan. Seperti di di sekitar Pancoran dan Jalan Letnan Jenderal MT Haryono.

Karmin (38), warga Jalan letnan Jenderal MT Haryono ini mengatakan, Polda Metro Jaya harus melakukan persiapan secara matang. Seperti penyediaan kamera CCTV guna merekam pelanggaran yang ada.

"Saya tahu diberita, katanya kurang soal prasaranya. Seperti kamera CCTV. Padahal, CCTV kan alat utamanya untuk tilang elektronik itu," katanya saat ditemui Sindonews di Jalan Letnan Jenderal MT Haryono, samping Patung Pancoran, Kamis (13/11/2014).

Selain itu, kata Karmin, sebaiknya polisi menggencarkan sosialisasi pada setiap pengguna jalan yang melintasi di Pancoran mau pun di Jalan Letnan Jendral MT Haryono.

"Bisa pakai toa kalau mau gampangnya. Disosialisasikan lewat toa di tengah jalan, biar orang yang lewat itu pada tahu semua. Atau pakai spanduk yang besar terus dipajang di pinggiran jalan," tuturnya.

Karmin menjelaskan, jangan sampai orang yang melintasi di sekitar tidak tahu adanya peraturan tilang elektronik. Sebab, adanya ketidaktahuan orang akan peraturan tilang elektronik tersebut akan menimbulkan kesalahpahaman di mata masyarakat.

"Takutnya itu, salah dikit saja, tiba-tiba dia dapat kiriman surat tilang di rumahnya. Sapa yang mau disalahin kalau kitanya juga belum tahu soal tilang elektronik itu. Kalau tahu kan kita bisa menghindari pelanggaran itu dengan cara mentaati aturan lalu lintas," ujarnya.

Karmin menambahkan, apabila pemasangan CCTV itu sudah dilakukan dan sistem tilang elektronik diberlakukan. Alat pendukung, seperti kamera CCTV tidak salah merekam pelanggar lalu lintas.

Sebab, menurutnya, kesalahan akibat salah jepret dapat terjadi pada kamera CCTV.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5322 seconds (0.1#10.140)