Komplotan PLN dan Telkom Gadungan Ditembak Polisi

Selasa, 11 November 2014 - 17:01 WIB
Komplotan PLN dan Telkom Gadungan Ditembak Polisi
Komplotan PLN dan Telkom Gadungan Ditembak Polisi
A A A
JAKARTA - Komplotan pencuri di rumah kosong dengan modus mengaku sebagai petugas PLN dan Telkom dibekuk petugas Polda Metro Jaya. Satu dari tujuh tersangka terpaksa ditembak pada kakinya karena berupaya kabur.

Ketujuh tersangka yakni Jul (40), Abdu Azis (38), Hen (38), DAR (30), AND (34), DRI (34) dan TOM (33) ditembak di kaki kiri, ditangkap pada 6-7 November 2014.

"Modus operandi para tersangka berpura-pura mengukur jalan atau pun halaman, yang seolah-olah dari petugas PLN ataupun Telkom," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto di kantornya Selasa (11/11/2014).

Dalam aksinya, para pelaku menjalankan peran masing-masing di antaranya sebagai penyurvei, sopir, hingga eksekutor yang masuk ke rumah korban.

Para pelaku, masuk ke rumah korban dengan cara merusak pintu menggunakan linggis.‎

Kanit I Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Aris Supriyono mengungkapkan, sasaran para pelaku adalah rumah kosong yang ditinggalkan penghuninya.

Berdasar pengakuan para tersangka, mereka sudah melakukan 2 kali aksi pencurian di rumah kosong.

Terakhir, para pelaku membobol rumah milik Vidhi Bimo Susatyo di Kavling Perkebunan I RT 006/13 Kelurahan Panunggangan Barat, Cibodas, Tangerang pada Senin 3 November lalu.

"Tetapi kami menduga mereka melakukan aksinya lebih dari dua kali. Sebab, menurut catatan kami di Tangerang sendiri ada tujuh laporan dengan modus serupa," ungkapnya.

Saat ini polisi masih mendalami keterangan para tersangka untuk menangkap empat pelaku yang masih buron yakni Haidir, Cuo, Odong dan Muchtar.

Atas kejahatan tersebut, ketujuh tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Sementara dari para tersangka disita barang bukti berupa tiga obeng, dua kunci pas dan satu meteran berwarna biru‎.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9172 seconds (0.1#10.140)