Diduga Depresi, Apakah Sulaiman Mengalami Gejala Ini?

Jum'at, 10 Oktober 2014 - 01:30 WIB
Diduga Depresi, Apakah Sulaiman Mengalami Gejala Ini?
Diduga Depresi, Apakah Sulaiman Mengalami Gejala Ini?
A A A
JAKARTA - Kasus bunuh diri yang dilakukan Sulaiman Tanudjaja (46) di Menara BCA diduga lantaran depresi. Padahal, kasus tersebut dapat dicegah dengan cara memperhatikan perubahan perilakunya.

Spesialis Kedokteran Jiwa Sanatorium Dharmawangsa Richard Budiman mengatakan, seseorang yang sedang dilanda depresi dapat diketahui melalui perilakunya. Karena, hal tersebut bisa terlihat secara menonjol.

"Salah satunya dengan memperhatikan perilakunya. Misalnya saja, seseorang yang tadinya memiliki sifat ceria dan wajar-wajar saja di mata umum. Tiba-tiba secara drastis berubah menjadi pemurung," katanya saat dihubungi Sindonews, Kamis 9 Oktober 2014.

Richard menuturkan, kemurungan merupakan salah satu ciri seseorang sedang mengalami depresi. Tapi, terdapat kriteria khusus tentang kemurungan yang sedang dialaminya itu.

"Seseorang yang sedang murung bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Bisa karena sedang sedih ditinggal oleh sanak kerabatnya (meninggal). Tapi, normalnya, dia akan membaik dalam waktu dekat, karena sudah bisa menerima kondisi tersebut," ujarnya.

Maka itu, tambah Richard, kemurungan yang berlangsung secara berkepanjangan. Bisa dikatakan sebagai depresi.

"Depresi itu sering dianggap sebagai sedih. Tapi kesedihan yang berkepanjangan. Jika murungnya lebih dari dua minggu. Dapat dikatakan bahwa dia sedang mengalami depresi, dan depresi sendiri merupakan hal yang serius. Jadi, harus diketahui dahulu apa sebabnya. Dan diagnosisnya harus tepat," tutupnya.

Maka itu, pentingnya memahami tentang gejala-gejala depresi adalah untuk mengantisipasi. Sehingga, tindakan yang dapat menciderainya bisa langsung dapat dicegah.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1934 seconds (0.1#10.140)