Metro

Lelang jabatan, kriteria kepala sekolah harus jelas

Sabtu,  13 Juli 2013  −  09:30 WIB
Lelang jabatan, kriteria kepala sekolah harus jelas
Ilustrasi. (dok. Ist)

Sindonews.com - Kesuksesan program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta soal lelang jabatan lurah dan camat, rupanya membuat Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta meniru langkah tersebut.

Maka itu, akhir tahun ini Disdik DKI akan melakukan lelang jabatan untuk kepala sekolah pada jenjang SD, SMP, hingga SMU dan sederajat negeri di Jakarta.

Pengamat Perkotaan Yayat Supriyatna mengatakan, sebelum menerapkan lelang jabatan itu, sebaiknya Disdik memiliki tujuan yang jelas untuk memilik kepala sekolah itu.

"Jangan sampai ada keresahan lagi. Harus jelas tujuannya, jelas kriterianya. Jangan sampai ada cekcok antara guru untuk jadi kepala sekolah itu," katanya saat dihubungi Sindonews melalui sambungan telepon, Sabtu (13/7/2013).

Selain itu dia mengingatkan, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) jangan sampai kebablasan. Pasalnya, kata dia, BOS itu untuk keperluan yang jauh lebih penting untuk kemajuan sekolah dan siswa.

"Kalau tidak ada tujuannya gimana? Makanya harus ada ada antisipasinya, agar tidak ada anggaran BOS yang bocor," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, lelang jabatan kepala sekolah ini akan dilakukan secara terbuka bagi para guru yang ada di wilayah Jakarta saja.

"Sedang dibuka secara lebih transparan. Kita menyakini Kepsek sebagai leader, sebagai seorang pemimpin harus mempunyai nilai-nilai kepemimpinan di balik nilai kepemimpinan juga harus memliki lebih dari sisi kompetensi dari seorang guru," ujarnya kemarin.


(mhd)

views: 2.223x
shadow