Metro

BNN Provinsi Banten temukan PNS positif narkoba

Minggu,  17 Februari 2013  −  18:28 WIB
BNN Provinsi Banten temukan PNS positif narkoba
Ilustrasi. (Sindophoto)

SERANG - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten, menemukan beberapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, yang dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba.

Para PNS itu diketahui mengkonsumsi narkoba, setelah BNNP Banten melakukan tes urin terhadap 1.550  PNS pada 21 Januari 2013 lalu.

Kepala BNNP Banten Kombes Heru Februanto mengatakan, hasil akhir dari tes urin terhadap 1.550 PNS Pemprov Banten telah disampaikan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten.

“Hasil tes urinnya telah kami sampaikan ke BKD. Dan dari hasil tes urin itu ada beberapa PNS yang positif mengkonsumsi narkoba,” kata Heru Februanto, Minggu (17/2/2013).

Berdasarkan hasil tes laboratorium BNNP Banten, PNS yang yang positif mengkonsumsi narkoba tersebut menggunakan narkotika jenis ganja, sabu-sabu dan ekstasi. Sesuai dengan hasil laboratorium, jenis narkotika tersebut masuk pada golongan I.

“Hasil ini adalah hasil akhir, tidak ada klarifikasi lagi. Karena sebelum diserahkan ke BKD Banten, sudah melalui beberapa tahap tes,” terangnya.

BNNP akan terus melakukan pemantauan terhadap PNS yang positif mengkonsumsi narkoba. Bahkan PNS tersebut akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

“Kami dalami PNS-PNS yang telah dinyatakan positif narkoba itu,” ujarnya.

Jika dalam keterangnya PNS yang positif narkoba tersebut menolak atau membantah mengkonsumsi narkoba, BNNP akan kembali melakukan tes lanjutan dengan cara tes rambut.

“Kalau mengelak mengkonsumsi narkoba, kami akan lakukan tes lanjutan dengan tes rambut, bukan urin lagi. Karena kalau urin efek kandungan narkobanya sudah hilang dalam satu minggu, kalau rambut lama bertahun-tahun,” terangnya.


(stb)

views: 1.307x
shadow