PT Jasa Marga Siapkan Rekayasa Lalin di Tol Jakarta Cikampek

Kamis, 22 Desember 2016 - 18:29 WIB
PT Jasa Marga Siapkan Rekayasa Lalin di Tol Jakarta Cikampek
PT Jasa Marga Siapkan Rekayasa Lalin di Tol Jakarta Cikampek
A A A
JAKARTA - PT Jasa Marga telah menyiapkan sistem rekayasa lalu lintas di ruas Tol Jakarta Cikampek bila terjadi kemacetan pada libur Natal dan Tahun Baru ini. Rekayasa lalu lintas disiapkan karena PT Jasa Marga memprediksi akan ada kenaikan pengguna tol sebesar 30,5% di GT Cikarang Utama.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, mengantisipasi kemacetan di Tol Jakarta Cikampek, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait guna melakukan rekayasa lalu lintas. Jika terjadi kemacetan di Tol Jakarta Cikampek, maka akan dilakukan sistem buka tutup di Gerbang Tol Cikunir, lalu lintas dari arah Rorotan menuju Cikampek dengan prioritas utama lalu lintas dari arah Cawang dan Jatiasih menuju Cikampek.

Serta Pengalihan arus lalu Iintas dari Jatiasih menuju Cikampek di SS Cikunir via sodetan Kalimalang 2."Kita juga akan buka tutup tempat istirahat ruas tol Jakarta-Cikampek di Km 19, 33, 39, 57, 62, 52, dan 42 dan tempat islirahat ruas tol Purbaleunyi Km 97," kata Dwimawan kepada wartawan, Kamis (22/12/2016).

Dwimawan melanjutkan, untuk mengantisipasi antrean panjang di GT Cikarang Utama 1, pihaknya akan melakukan transaksi jemput kendaraan (JKR)."GT Cikarang Utama 2 yang semula gerbang keluar digunakan menjadi gerbang masuk pada arus mudik. Pada arus balik GT Cikarang Utama 1 semula gerbang masuk digunakan menjadi gerbang keluar," lanjutnya.

Selain itu dilakukan pengalihan arus lalu Iintas melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 3 dan masuk melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 1 (arus mudik). Serta pengalihan arus lalu lintas melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 2 dan masuk melalui Gerbang Tol Cikarang Barat 4 (arus balik)," ujarnya.

Menurut Dwimawan, apabila sudah sangat diperlukan dengan tujuan mengatur arusi lalu Iintas agar tidak ada satu ruas jalan tol yang padat sementara ruas jalan tol lain lenggang, akan diberlakukan contra flow pada sekitar wilayah tempat istirahat.

"Untuk mempercepat penanganan gangguan perjalanan mogok atau kecelakaan dengan penempatan kendaraan rescue truck multiguna (Komo) di workshop Cabang Jagorawi dan Gerbang Tol Tambun Km 22," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5992 seconds (0.1#10.140)