Hujan Deras, Jembatan di Bogor Ambruk

Kamis, 20 Oktober 2016 - 18:45 WIB
Hujan Deras, Jembatan di Bogor Ambruk
Hujan Deras, Jembatan di Bogor Ambruk
A A A
BOGOR - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor, sejak Rabu 19 Oktober 2016 petang hingga malam mengakibatkan air sungai Cimanglid meluap. Luapan itu lambat laun mengikis tanah penahan jembatan penghubung dua kampung di Kelurahan Pasir Kuda, Bogor Barat, Kota Bogor, sehingga jembatan itu ambruk.

Meski tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun akses ratusan kepala keluarga di Kampung Babakan Sukamantri dan Kampung Pasir Kuda menjadi terganggu.

Lili Marlina (46) warga RT 04/07 menyebutkan ambruknya jembatan tersebut terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. "Saat itu hujan sudah reda hanya gerimis saja, tiba-tiba terdengar suara gemuruh di sekitar jembatan. Saat saya cek keluar rumah ternyata jembatan didepan ambruk," ujarnya kepada wartawan, Kamis (20/10/2016).

Ia menjelaskan selain roda empat, jembatan berukuran 7x3 meter itu tak bisa dilintasi kendaraan roda dua, karena kondisinya cukup parah.

Menanggapi hal tersebut Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang meninjau lokasi kejadian langsung menginstruksikan jajarannya untuk segera membangun jembatan sementara.

Tak hanya itu Bima juga menginstruksikan jajarannya untuk segera melakukan pembersihan puing-puing yang ambruk sebagai antisipasi agar tidak terjadi longsor.

"Jembatan ini memang sudah direncanakan akan diperbaiki tahun depan tetapi arus sungai kemarin yang deras membuat pondasi terkikis dan ambruk," ujar Bima, Kamis (20/10).

Ketua RW 07 Pasir Kuda Dipi Hariadi (37) mengatakan, saat kejadian debit air sungai Cimanglid cukup besar akibat hujan deras.

Jembatan pun akhirnya roboh karena tergerus erosi sungai. Amblasnya jembatan ini membuat akses warga terkendala dan harus memutar jauh ke Mina Bakti Bogor Selatan atau Pasir Kuda Vila Kebun Raya.

"Harapan kami bisa secepatnya diperbaiki karena lahan pemakaman harus melewati jembatan," jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5625 seconds (0.1#10.140)