alexa snippet

Pengamat UI Kritik Cara Ahok Lakukan Penggusuran

Pengamat UI Kritik Cara Ahok Lakukan Penggusuran
Ilustrasi. (dok/sindophoto)
A+ A-
DEPOK - Pengamat tata kota Universitas Indonesia (UI) Kemas mengkritik cara Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) dalam melakukan penggusuran terhadap warganya. Apalagi, Jakarta itu milik semua masyarakat dan seharusnya dalam melakukan penataan sudah dipersiapkan matang dengan melibatkan warga.

Kemas mengatakan ketika akan dilakukan penggusuran maka harus disertai dengan solusi. Artinya ketika masyarakat ditempatkan di tempat baru harus disiapkan juga fasilitas dan sarana yang disesuaikan dengan kebiasaan masyarakat.

"Ketika ada unsur penggusuran maka harus ada pendekatan sosial, budaya juga agar tidak hanya sekedar memindahkan saja," katanya kepada wartawan, Rabu (28/9/2016).

Kemas menegaskan, keterlibatan masyarakat juga sangat diperlukan dalam hal ini. Tujuannya untuk mengurangi resistensi penolakan dari masyarakat yang akan direlokasi. "Karena memindahkan pasti ada aspek idenitas, sence of placenya juga," tandasnya.

Disarankan, lanjutnya, bahwa harus dilakukan penataan juga ketika merelokasi masyarakat. Dan penggusuran tentunya tidak dilakukan secara instan sehingga sudah ada prosedur dan ketentuan yang dilakukan.

"Kota ini punya seluruh warga. Agar berjalan baik maka harus ada persiapan yang matang," pungkasnya.



(ysw)
views: 4.814
loading gif
Top