Sweeping Jakmania, 15 Polisi Ditangkap

Minggu, 26 Juni 2016 - 18:01 WIB
Sweeping Jakmania, 15 Polisi Ditangkap
Sweeping Jakmania, 15 Polisi Ditangkap
A A A
JAKARTA - Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro jaya mengamankan 15 oknum polisi yang diduga akan melakukan sweeping terhadap suporter Persija Jakmania. Belasan oknum polisi itu diamankan di Jalan Prof Dr Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan dini hari tadi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono mengatakan, belasan oknum polisi itu diduga hendak membalas dendam dengan men-sweeping Jakmania yang telah melukai rekannya. Secara tidak sengaja aksi mereka diketahui oleh anggota Provost yang tengah melakukan patroli skala besar.

"Jadi mereka kumpul di situ, kami halau. Motor-motor ini ternyata kami dapatkan anggota-anggota itu, akhirnya kami amankan karena melakukan pelanggaran di jalan karena tidak memakai helm," jelas Awi di Jakarta, Minggu (26/6/2016).

Belasan oknum polisi itu terdisi dari anggota Bidang Humas Polda Metro Jaya, anggota Detasemen Gegana Polda Banten, Brimob Polda Banten, Sabhara Polda Metro Jaya, Sabhara Polres Jakarta Jaktim, dan Ditpolair Polda Metro Jaya. Khusus untuk anggota Bidang Humas Polda Metro Jaya, Bripda IP. Dia menegasan sudah memberikan teguran terhadapnya.

"Iya tentunya saya kasih teguran. Tetapi proses hukumnya sama dengan yang lain, itu nanti Propam yang tangani," tegasnya.

Terkait aksi tersebut, kata dia, polisi tidak boleh melakukan penindakan karena dendam. Apalagi tidak ada surat tugas atau surat perintah untuk melakukan penindakan hukum.

"Anggota penegak hukum tidak boleh dendam dalam melaksanakan penindakan. Bersimpatik kepada rekannya yang jadi korban boleh, tetapi jangan sampai melalukan tindakan menyimpang atau dendam. Serahkan semuanya kepada petugas yang sudah diberi kewenanangan untuk melakukan penindakan, dalam hal ini Pak Kapolda telah membentuk tim dari Ditreskrimum dan Ditreskrimsus untuk melakukan penindakan sesuai peraturan perundang-undangan," tuturnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5337 seconds (0.1#10.140)