T3 Ultimate Akan Beroperasi Sebelum Lebaran

Jum'at, 13 Mei 2016 - 10:58 WIB
T3 Ultimate Akan Beroperasi Sebelum Lebaran
T3 Ultimate Akan Beroperasi Sebelum Lebaran
A A A
TANGERANG - Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) senang melihat tahapan proyek Terminal 3 (T3) Ultimate di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Rabu 11 Mei 2016. Dalam inspeksi mendadak tersebut, menurut Budi, Jokowi telah menaruh harapan agar T3 Ultimate segera beroperasi.

"Kata Pak Jokowi bagus, untungnya memang selalu dalam kondisi beres. Beliau berharap ini segera beroperasi, karenanya kami mengambil keputusan, harus beroperasi sebelum Lebaran, konstruksi harus selesai, enggak ada cerita enggak selesai," kata Budi ketika ditemui di kantornya, Jumat (13/5/2016).

Dirinya meyakini, Dirjen Perhubungan Udara dan sejumlah pihak terkait akan segera membantunya untuk mendapat klarifikasi beroperasi. Sebab, dirinya kini hanya mendapat waktu yang cukup sempit yakni sekitar 15-20 hari untuk penyelesaian persiapan beroperasi pada tahap awal.

"Nah, nanti kan karena ini memang untuk maskapai Garuda Indonesia, mereka juga akan melakukan trial terlebih dahulu, katanya sih Garuda akan mengundang anak sekolah untuk menjadi penumpang saat trial nanti," terangnya.

Dari sisi konstruksi, menurut Budi, dirinya berkeyakinan tidak akan menemui masalah, meski mendapat keraguan soal kekuatan konstruksi. Sebab, sejumlah beton yang digunakan di proyek tersebut terlihat kecil sehingga dikhawatirkan belum mampu menopang beban berat. Selain itu juga, dia yakin dengan beroperasinya Terminal 3 Ultimate tahap satu itu, tidak akan mengganggu tahapan selanjutnya.

"Tidak ada masalah, mengomong kontruksi, saya ini orang konstuksi jadi saya tahu, dari 1982. Apalagi ditambah ada dari sejumlah akademisi seperti UI, UGM ada di situ. Kalau ada pertanyaan, itu kok kecil betonnya, orang itu lama-lama kan tambah pintar, biar kecil tapi kekuatannya," kata Budi.

Pihak PT Angkasa Pura II juga sudah mengevaluasi kesiapan stake holder serta tim dari operator, seperti IT, ticketing, serta kargo dari Gapura Angkasa, sehingga pihaknya memastikan terminal 3 ultimate akan beroperasi pada 15 Juni 2016.

Ketika disinggung soal urgensi, dia mentargetkan pada 15 Juni 2016 untuk beroperasi. Dia mengaku ingin pengguna jasa bangga atas pencapaian pihaknya yang telah membangun terminal tersebut.

"Ini untuk antisipasi lonjakan penumpang saat Lebaran, Presiden menghendaki Lebaran tahun ini harus lebih baik dari sebelumnya, masyarakat juga akan ada kebanggan atas adanya terminal baru ini," katanya.

Seperti diketahui, Rabu 11 Mei 2016 Presiden Jokowi telah melakukan blusukan ke Terminal 3 Ultimate seraya menjemput Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo di Bandara Soetta, Tangerang, Banten.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4018 seconds (0.1#10.140)