Ribuan Buruh Konvoi Padati Jalan Margonda Depok

Senin, 02 Mei 2016 - 10:55 WIB
Ribuan Buruh Konvoi Padati Jalan Margonda Depok
Ribuan Buruh Konvoi Padati Jalan Margonda Depok
A A A
JAKARTA - Ribuan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan (SP KEP) merayakan hari buruh internasional (May Day) hari ini. Mereka berkonvoi menggunakan sepeda motor sambil membawa atribut memadati Jalan Raya Margonda dan Jalan Raya Bogor.

Para buruh juga berunjuk rasa di depan kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan serta Balaikota Depok. Sasaran utama mereka adalah dengan mendatangi setiap rumah sakit.

Mereka berkeliling sambil berorasi menyuarakan keluhan soal BPJS. Mereka juga membawa tuntutan penolakan sistem kerja kontrak.

"Kami berterimakasih pada perusahaan yang mengizinkan kami untuk menggelar aksi damai hari ini pada hari kerja," ungkap Wakil Ketua KEP DPC Depok, Zainudin Agung, Senin (2/5/2016).

Para buruh juga meminta agar tripartid antara pengusaha, pemerintah, dan serikat pekerja untuk menjaga hubungan industrial dan harmonis. Menurut mereka, peranan buruh menjadi tonggak industri dan perekonomian.

"Kami apresiasi perusahaan yang sadar akan peranan buruh, salam pada perusahan yang mendukung aksi ini. Kami minta maaf kepada para pengguna jalan sudah memakai fasilitas jalan untuk aksi," jelasnya.

Para buruh berkonvoi memutari jalan Margonda dan Jalan Tole Iskandar serta Jalan Raya Bogor. Aksi mereka dikawal ketat Satlantas Polresta Depok dan Tim Jaguar. Para polisi juga berbaris mengawal aksi buruh.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5479 seconds (0.1#10.140)