Lepas Kandang, Siamang Bikin Geger di Cakung

Selasa, 19 April 2016 - 19:57 WIB
Lepas Kandang, Siamang Bikin Geger di Cakung
Lepas Kandang, Siamang Bikin Geger di Cakung
A A A
JAKARTA - Warga Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur digegerkan dengan lepasnya hewan primata Siamang yang bergelantungan di kabel listrik dan pohon akasia.

Hewan berbulu hitam itu mengeluarkan suara kerasnya hingga mencapai jarak 100 meter. Para pengguna jalan sengaja menghentikan motornya untuk melihat hewan asli Sumatera bergelayutan.

Salah satu warga menuturkan, hewan itu mulai kabur dari kandang pada pukul 14.00 WIB.

"Kejadianya tadi pas lagi makan siang, awalnya dia berjalan pelan terus mulai menaiki pagar rumah hingga akhirnya bergelayut sampai sekarang, sampai sekarang belum ada penanganan dari pihak keluarga maupun yang terkait," kata Beben di lokasi, Selasa (19/4/2016).

Beben menambahkan, pemilik Amang merupakan seorang pensiunan TNI bernama Ambarita. Hewan peliharaan tersebut juga pernah lepas saat masih kecil. Saat lepas, mudah bagi Siamang untuk kembali ke kandang setelah sang pemilik memanggilnya.

"Pas dulu kalau lepas suka dipanggil sama pemiliknya, tapi sekarang susah karena Pak Ambar sedang sakit stroke. Saya berharap ada penanganan dari pemerintah untuk menanganinya. Kasian binatang itu," lanjutnya.

Sementara itu, menurut Ambarita lepasnya hewan itu disebabkan oleh jebolnya kandang yang terbuat dari kawat tipis. Namun Ia berjanji bakal segera mendatangkan orang kepercayaan untuk menangkap hewan tersebut.

"Sudah saya hubungi tadi, sekarang lagi mengarah kesini. Ini lepas sendiri karena kandangnya jebol. Tapi nanti biasanya pulang dan kembali ke kandang," kata Ambarita.

Saat ditanya darimana dan bagaimana cara mendapatkan hewan tersebut, Ambari mengaku tak begitu ingat lantaran hewan itu diurus sejak lama sekira puluhan tahun silam. Meski demikian, kata dia, perawatan dan memberi makan selalu dilakukan secara teratur.

"Yang jelas hewan ini jenis Sumatera dan baru kali ini dia lepas. Intinya kalau sudah lepas jangan diganggu aja soalnya dia lumayan galak dan suka gigit. Kalau soal makan kami merawat dia dengan penuh sayang," tambahnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5410 seconds (0.1#10.140)