Libur Imlek, Macet di Puncak hingga Perbatasan Cianjur

Senin, 08 Februari 2016 - 17:53 WIB
Libur Imlek, Macet di Puncak hingga Perbatasan Cianjur
Libur Imlek, Macet di Puncak hingga Perbatasan Cianjur
A A A
BOGOR - Kemacetan sepertinya menjadi langganan tetap di Kawasan Puncak saat libur panjang. Pada arus balik libur panjang Imlek ini jalur Puncak kembali macet, bahkan kemacetan terjadi hingga perbatasan antara Bogor-Cianjur.

Pantuan Sindonews, kemacetan di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat terjadi hingga sepanjang 8 kilometer, Senin (8/2/2016). Meski sempat diberlakukan one way (satu arah), pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB dari arah Jakarta menuju Puncak, tak membuat arus lalu lintas mencair.

Justru setelah dibuka kembali kendaraan yang dari arah Puncak atau Cianjur menuju Jakarta mengalami kemacetan parah dan antreannya sempat mencapai Puncak Pass (Perbatasan Bogor-Cianjur). Hendra (40) warga Gunungputri, Kabupaten Bogor mengaku sempat memarkirkan kendaraannya ditengah kemacetan, karena hampir satu jam terjebak kemacetan kendaraanya tak bergerak sama sekali.
“Enggak sedikit pengendara yang memadamkan mesin mobilnya, karena kemacetan parah ini,” tuturnya usai berwisata ke Kebun Raya Cibodas, Cianjur bersama keluarganya saat ditemui di kawasan Megamendung, Kabupaten Bogor..

Hal senada diungkapkan Hidayat (28) warga Bekasi yang mengaku sempat terjebak kemacetan selama dua jam saat melintas di kawasan perkebunan teh wisata Agro Gunung Mas. “Saya dua jam lebih untuk bisa mencapai ke simpang TSI dari Rindu Alam. Saya kira ditutup satu arah, ternyata saat melihat di media sosial, dibawahnya memang padat, bahkan saya beberapa kali mematikan mesin mobil, karena kalau tidak dimatikan bisa over heat,” tuturnya.

Berdasarkan pantauan, sekitar pukul 13.00 WIB, jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Bogor langsung memberlakukan one way dari arah Puncak menuju Jakarta. Hingga pukul 17.00 WIB, sistem one way menuju Jakarta masih diterapkan, namun sempat terjadi penumpukan dibeberapa simpul kemacetan, seperti di kawasan Masjid Attawun, simpang TSI, Pasar Cisarua, Megamendung, Cimory, Pasir Angin dan Pasir Muncang.

“Di arus balik kali ini kita terapkan one way lebih awal, yang biasanya dari arah Puncak menuju Jakarta one way diberlakukan pukul 14.00 WIB. Tapi hari ini penutupan arus dari arah Jakarta menuju Puncak sudah kita tutup pada pukul 13.00 WIB,” ungkap Kasat Lantas Polres Bogor AKP Bramastyo Priadji..

Bramastyo menuturkan, pemberlakuan sistem satu arah dari Puncak ke Jakarta akan diberlakukan hingga pukul 20.00 WIB. “Tapi kita lihat situasi kendaraan yang di atas (Puncak), kalau memang sudah tidak padat, penutupan arus dari Jakarta ke Puncak akan dibuka sebelum pukul 20.00 WIB,” tukasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5845 seconds (0.1#10.140)