Urai Macet, Motor Boleh Masuk Tol JORR Gratis

Rabu, 05 Agustus 2015 - 05:15 WIB
Urai Macet, Motor Boleh Masuk Tol JORR Gratis
Urai Macet, Motor Boleh Masuk Tol JORR Gratis
A A A
JAKARTA - Pemkot Jakarta Selatan mengeluarkan kebijakan memperbolehkan sepeda motor dan mobil untuk melintas di ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), tepatnya di depan Mal Cilandak Town Square (Citos) secara gratis. Ini dilakukan sebagai upaya mengurai kemacetan di kawasan tersebut.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Priyanto mengatakan, pihaknya memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan memperbolehkan kendaraan roda empat dan roda dua untuk masuk ke Tol JORR secara gratis. Rekayasa itu dilakukan untuk mengurangi kemacetan di ruas Jalan TB Simatupang yang sedang diperlebar.

Kondisi Jalan TB Simatupang yang sempit tidak sebanding dengan volume kendaraan. Karena itu, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional IV berencana untuk memperlebarnya.

Saat ini, pelebaran jalan pun sedang dikerjakan. Pelebaran dilakukan sepanjang 600 meter dengan lebar 1,5 meter dari arah timur ke barat.

"Kendaraan masuk dengan nontransaksi (gratis) ke lajur khusus yang kita batasi dengan plastic barrier, ada kanalisasinya," kata Priyanto kepada wartawan di Jakarta Selatan, Selasa 4 Agustus 2015 kemarin. Priyanto menerangkan, lajur khusus untuk kendaraan yang masuk secara gratis itu berada di sebelah kiri tol JORR dan tidak bisa mengambil lajur kanan, termasuk telah menentukan pintu keluar di tol tersebut.

"Kalau mau ke lajur kanan atau tidak keluar di pintu yang sudah ditentukan maka harus masuk dengan transaksi," tuturnya. Menurut Priyanto, kebijakan ini telah diberlakukan sejak 2 Agustus lalu hingga Desember 2015 mendatang pada setiap pukul 06.00-09.00 WIB.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9092 seconds (0.1#10.140)