Culik Pengusaha Kayu, Dua Pelaku Diringkus Polisi

Selasa, 30 Juni 2015 - 03:51 WIB
Culik Pengusaha Kayu, Dua Pelaku Diringkus Polisi
Culik Pengusaha Kayu, Dua Pelaku Diringkus Polisi
A A A
JAKARTA - Dua pelaku penculikan pengusaha kayu, Hariono Susanto (28), diringkus jajaran Polsek Cengkareng, Jakarta Barat. Mario Siman (36), dan Jamil Lestaluhu (33) diringkus tak lama setelah istri korban Agnes Andinita (22) melapor ke polisi pada Jumat 26 Juni 2015.

Kapolsek Cengkareng Kompol Sutarjono mengatakan, pihaknya juga sedang memburu tiga pelaku lainnya. Mereka adalah Edi (33), Berto (34), dan Joni Yaris (36).

"Jadi saat dilakukan penyekapan, pelaku meminta tebusan kepada istri korban sebesar Rp220 juta. Kalau tidak dituruti, pelaku mengancam akan bunuh korban. Karena itu istri korban melaporkan kejadian ini ke kami (polisi), dan kami tangkap pada Sabtu (27 Juni 2015)," terangnya di Polsek Cengkareng, Senin 29 Juni 2015.

Selain melakukan penyekapan, pelaku juga melakukan penganiayaan terhadap Hariono. Kelima pelaku secara membabi buta melakukan pemukulan terhadap Hartono di rumahnya kawasan Duri Kepa, Cengkareng, Jakarta Barat depan anak dan istrinya.

Mengenai motifnya, Sutarjono mengatakan, penculikan berawal dari bisnis jual beli kayu yang dilakukan antara korban (Hartono) dan otak pelaku penculikan (Mario).

"Jadi korban ini punya utang ke pelaku (Mario) sebelumnya. Karena tidak bisa bayar mereka (kelima pelaku) akhirnya menculik korban," bebernya.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Cengkareng AKP Tosriadi Jamal mengatakan, kedua pelaku akan dikenakan Pasal 328 KUHP tentang Penculikan dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

Sementara itu, pelaku nekat melakukan penculikan itu lantaran kesal dengan janji korban yang selalu berbohong saat ditagih utang. Dari perjanjian itu, rencananya Mario akan dikirimkan kayu usai mentransfer uang sebagai bagian perjanjiaan.

"Saya juga sudah minta Rp75 juta, tapi tetap tidak bayar. Akhirnya saya culik dan pukul sebagai ungkapan rasa kecewa saja," tukasnya.

PILIHAN:

Warga Bima Selamatkan Dua Bocah SD Korban Penculikan


Ini Kronologis Penculikan Pengusaha Jagakarsa

Terduga Penculik Putri Perwira Menengah TNI Ditangkap
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4392 seconds (0.1#10.140)