Inovasi Baru Peredaran Narkotika, Transaksi via Online

Jum'at, 05 Juni 2015 - 04:37 WIB
Inovasi Baru Peredaran Narkotika, Transaksi via Online
Inovasi Baru Peredaran Narkotika, Transaksi via Online
A A A
JAKARTA - Transaksi narkotika dengan cara online merupakan variasi baru dalam mata rantai peredaran barang haram. Pelaku selalu melakukan inovasi agar praktiknya tidak diendus petugas.

"Motifnya terus berkembang dengan inovasi di luar pemikiran orang awam," kata kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Yogo Tri Hendiarto di Depok, Kamis 4 Juni 2015.

Indonesia masih menjadi pasar potensial peredaran narkoba karena permintaannya masih tinggi. Terlebih masih ada beberapa celah yang dimanfaatkan pengedar barang terlarang untuk mendatangkan narkotika dari luar negeri. Baik dari jalur udara, darat bahkan laut.

"Sehingga penjagaannya harus lebih canggih dibandingkan dengan modus yang dilakukan pengedar, agar aksesnya bisa dicegah masuk ke Indonesia," ungkapnya.

Luas wilayah Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi petugas untuk menjaga agar bebas dari narkotika. Karena, jumlah petugas yang menjaga saat ini belum proporsional dengan luas wilayahnya sendiri. Sehingga masih ada celah yang dimanfaatkan pengedar.

"Kalau dari jalur udara misalnya berarti proses screening harus lebih ketat," pungkasnya.

Baca:

Bongkar Jaringan Narkoba Online, Anak Pengusaha Diringkus
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4013 seconds (0.1#10.140)