Penipuan Berkedok WO Dinilai Unik dan Cerdas

Jum'at, 22 Mei 2015 - 06:41 WIB
Penipuan Berkedok WO Dinilai Unik dan Cerdas
Penipuan Berkedok WO Dinilai Unik dan Cerdas
A A A
JAKARTA - Penipuan berkedok wedding organizer (WO) yang dilakukan pasangan suami istri Ali Mahmudin (45), dan istrinya Wulan Sibarani (43) dinilai peluang bisnis yang cukup unik untuk kejahatan. Karena, pernikahan adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan manusia.

"Pelaku sangat cerdas, memanfaatkan peluang pernikahan yang sakral untuk melakukan penipuan. Sehingga masyarakat tidak curiga," kata kriminolog dari Universitas Indonesia Josias Simon saat dihubungi, Kamis 21 Mei 2015.

Maka itu, dia juga mengimbau, agar masyarakat tidak serta merta percaya terhadap penipuan berkedok ini, apalagi yang menawarkan jasa murah. Menurutnya, bila mana ada kecurigaan tentang perbandingan harga dengan pasar.

Josias menyarankan agar masyarakat langsung melakukan pengecekan terlebih dahulu kepada hal itu. "Kita harus menduga-duga, jangan sampai pada akhirnya kita terjebak dengan hal itu," tutup Josias. (Baca: Ditipu WO, 58 Calon Pengantin Gagal Nikah)

Sebelumnya, sebanyak 58 calon pasangan pengantin mendatangi Polsek Cengkareng, Jakarta Barat. Kedatangan puluhan pasangan itu ingin melaporkan dugaan penipuan yang dilakukan sebuah wedding organizer (WO) Wawai Bridal milik pasangan suami istri, Ali Mahmudin (45), dan istrinya Wulan Sibarani (43).
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9234 seconds (0.1#10.140)