Peringati Hari Bakti, Paspampres Ajak Masyarakat Ikut Lari di Ring 1 Istana

Rabu, 18 Januari 2023 - 19:19 WIB
loading...
Peringati Hari Bakti, Paspampres Ajak Masyarakat Ikut Lari di Ring 1 Istana
Paspampres akan mengadakan Fun Run di sekitar kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kegiatan rangkaian Hari Bakti Ke-77 Paspampres bakal berlangsung pada Minggu (12/2/2023). Foto: MPI/Irfan Maulana
A A A
JAKARTA - Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) akan mengadakan Fun Run di sekitar kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kegiatan rangkaian Hari Bakti Ke-77 Paspampres bakal berlangsung pada Minggu (12/2/2023).

Komandan Paspampres Marsda Wahyu Hidayat Sudjatmiko mengatakan, Fun Run itu bertema Setia Waspada Run. Tema itu dipilih karena menjadi salah satu bentuk keterbukaan masyarakat untuk melihat lebih jauh pasukan khusus.
Baca juga: Tugas dan Fungsi Paspampres, Kenali dan Pahami

“Ini wujud bakti kita kepada masyarakat. Jadi tidak hanya berupa kegiatan-kegiatan militer, tapi kita juga mau melaksanakan kegiatan olahraga,” ujarnya di Mako Paspampres, Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2023).

Dia berharap lomba lari ini dapat menyaring bibit-bibit atlet yang dapat dimanfaatkan nantinya oleh pemerintah. Dia mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam ajang lari ini.

“Sampai dengan hari ini sudah terdaftar 1.800 kalau tidak salah yang mendaftar. Mudah-mudahan target kita 4.000 peserta kalau tidak salah bisa terlaksana pada hari H-nya,” katanya.

Perwakilan Running Management Iye Rohadian mengatakan konsep acara ini menghidupkan kembali kegiatan lari yang rutin dilakukan oleh komunitas pecinta lari. Nanti peserta dapat berlari di kawasan Istana Merdeka.

“Konsep eventnya itu berlari di ring 1. Memang sudah lama tidak ada event di Jakarta ini yang berlari di Monas, start-finish di Monas,” ujar Iye.

Dia mengapresiasi Pemprov DKI Jakarta yang turut berpartisipasi dalam acara ini. Pemprov telah memberikan izin khusus untuk mengadakan kegiatan tersebut.

Pihak penyelenggara Ridwan Yudha Prasety menambahkan kegiatan Setia Waspada Run bakal ada dua kategori perlombaan, yakni kategori 10 km dan 5 km.

Untuk yang rute 10 km bakal start dan finish di silang barat daya Monas. Para pelari bakal melewati Jalan MH Thamrin, Sudirman, Bundaran HI, Balai Kota DKI hingga kembali ke Monas.

“Istimewanya kita melewati Istana Negara. Tujuan acara ini untuk menciptakan hubungan masyarakat dan Paspampres agar lebih humanis, ” kata Ridwan.

Pihak penyelenggara Fun Run 5 km Lutfi Primantara menyebut rute yang dilalui tak jauh berbeda dengan kategori 10 km. Pelari Fun Run 5 km bakal melewati Jalan MH Thamrin, Sudirman hingga Medan Merdeka Barat.

“Kemudian di Bundaran Bank Indonesia kita masih terus lewat Medan Merdeka Barat sampai di RRI kita putar balik baru masuk lagi ke finish di silang barat daya Monas,” ujar Lutfi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)