5 Rekomendasi Ruang Terbuka Hijau di Jakarta, Asri dan Berinteraksi

Senin, 16 Januari 2023 - 14:36 WIB
loading...
5 Rekomendasi Ruang Terbuka Hijau di Jakarta, Asri dan Berinteraksi
Sedikitnya ada lima rekomendasi ruang terbuka hijau Jakarta yang dapat dikunjungi. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima rekomendasi ruang terbuka hijau Jakarta yang dapat dikunjungi. Bukan hanya untuk menjaga dan menyeimbangkan kondisi lingkungan maupun ekosistem sekitarnya, Ruang terbuka Hijau (RTH) di Jakarta juga berfungsi sebagai ruang interaksi sosial.

Menurut UU Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang yang dimaksud dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH) adalah sebuah area memanjang atau jalur atau mengelompok yang penggunaannya lebih bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh secara alamiah maupun yang sengaja ditanam.

Baca juga : 5 Taman Kota di Jakarta, Pas Buat Olahraga Sekaligus Rekreasi

Di Kota Jakarta terdapat lima rekomendasi ruang terbuka hijau yang cocok untuk melakukan aktivitas sosial bersama keluarga, pasangan maupun teman-teman.

Berikut lima ruang terbuka hijau yang ada di Jakarta.

1. Taman Suropati

Taman Suropati merupakan ruang terbuka hijau yang terletak di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Taman ini dibangun pada era Batavia dan saat ini menjadi salah satu landmark ikonik dari Jakarta.

Taman ini dikelilingi oleh pohon-pohon yang tinggi, sehingga para pengunjung dapat menikmati udara segar nan sejuk. Ketika berkunjung pada malam hari para pengunjung dapat menikmati beragam makanan yang dapat pengunjung cicipi.

2. Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng merupakan bagian dari kawasan bersejarah yang ada di Jakarta yang dulunya bernama Waterlooplein. Taman ini menyediakan ruang hijau yang dapat digunakan untuk berolahraga dan bersantai.

Taman ini juga biasa digunakan untuk berbagai macam pertunjukan mulai dari musik hingga acara bazaar makanan. Taman Lapangan Banteng saat ini dikelola oleh Dinas Kehutanan Prov DKI Jakarta yang dibuka mulai dari jam 07.00 hingga 17.00 WIB.

Baca juga : Anies Beberkan Alasan Jakarta Revitalisasi Taman Menjadi Garden dan Park

3. Tebet Eco Park

Tebet Eco Park merupakan taman yang baru saja diresmikan pada saat pemerintahan Gubernur Anies Baswedan dan terletak di Tebet, Jakarta Selatan. Taman ini memiliki luas sekitar 2.5 hektar dan biasa digunakan untuk tempat hiburan, rekreasi hingga sosialisasi.

Letak taman ini cukup strategis, Di sisi utara, ada Community Lawn dan juga Thematic Garden yang dikelilingi dengan suasana hijau dan bisa menjadi spot untuk bersantai.

Sementara yang di sisi selatan, ada zona edukasi yang berupa Wetland Boardwalk dimana pengunjung bisa menelusuri habitat tanah basah dan juga playground untuk anak-anak. Selain itu pengunjung juga bisa menemui kedai makanan dari UMKM lokal Jakarta.

4. Taman Panjaitan

Taman Panjaitan merupakan taman yang terletak di Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Taman ini dibuka pada tahun 2021, sehingga sebagian fasilitasnya masuk dalam kategori baru.

Fasilitas umum yang bisa digunakan pengunjung dalam taman ini adalah lapangan futsal, pojok baca, jogging track, dan juga amphitheater terbuka.

5. Hutan GBK

Hutan GBK merupakan hutan yang terletak di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan dibangun oleh jaringan hotel Plataran. Meskipun bukan dibangun oleh pemerintah, Hutan ini bisa dinikmati oleh publik secara gratis.

Hutan ini dulunya merupakan lahan lapangan golf Driving Range. Namun pada tahun 2016, Lapangan tersebut diubah menjadi ruang terbuka hijau Jakarta.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)