Dinkes Imbau Warga Bogor Tak Konsumsi Chiki Ngebul

Jum'at, 13 Januari 2023 - 06:40 WIB
loading...
Dinkes Imbau Warga Bogor Tak Konsumsi Chiki Ngebul
Dinkes Kabupaten Bogor meminta warganya tak konsumsi chiki ngebul karena berbahaya. Foto/Dok SINDOnews
A A A
BOGOR - Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melakukan sosialisasi dan edukasi kepada penjual jajanan chiki ngebul (cikbul). Sosialisasi ini dilakukan mulai dari mal hingga sekolah di Kabupaten Bogor.

”Kemudian yang kedua bersama-sama dengan BPOM Kabupaten Bogor kita melaksanakan investigasi kelapangan misalnya kita ke mal lalu ada ke sekolah-sekolah di daerah,” kata Kadinkes Kabupaten Bogor Mike Kaltarina, Kamis (12/1/2023).

Para penjual diberikan pemahaman terkait penggunaan nitrogen cair untuk makanan. Karena, menimbulkan dampak kesehatan apabila zat tersebut dikonsumsi khususnya anak-anak.

”Misalnya menghirup atau keminum anak-anak mikirnya enak aja biasanya perutnya jadi kembung terus dia muntah-muntah lalu lambungnya bermasalah. Itu yang saya pikir berbahaya jadi itulah yang diedukasi,” ungkapnya.

Di sisi lain, terkait larangan pihanya belum sampai ada tahap tersebut. Yang paling penting dilakukan sekarang ini masih pada tahap sosialisasi.

”Kalau larangan (jualan) saya pikir tidak seperti itu ya. Tetapi diberikan edukasi kepada mereka karena kan ada standarnya ya untuk takaran penggunaan. Kalau di mal keliatan sudah pada ngerti tapi mungkin saudara kita yang di daerah-daerah ya,” tutupnya.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta kepada orangtua dan sekolah untuk lebih mengawasi jajanan anak-anaknya. Terutama jajanan yang tengah menjadi sorotan chiki ngebul (cikbul). Sejauh ini belum ada laporan kasus jajanan tersebut di Kabupaten Bogor.



”Tapi antisipasi harus dilakukan jangan sampai menunggu ada kasus. Untuk itu saya juga akan meminta dinas terkait untuk melakukan pengawasan dan mengambil langkah-langkah antisipasi,” tutupnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)