Inovasi Transformasi Birokrasi Digital Jokowi Mudahkan Urusan Masyarakat

Sabtu, 07 Januari 2023 - 13:33 WIB
loading...
Inovasi Transformasi Birokrasi Digital Jokowi Mudahkan Urusan Masyarakat
Inovasi yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mentransformasi digital di sektor birokrasi dinilai mempermudah masyarakat. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Inovasi yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mentransformasi digital di sektor birokrasi dinilai mempermudah masyarakat untuk mengurus segala keperluan. Berkat kebijakan Jokowi tersebut, segala aspek pelayanan publik dapat diakses secara online.

Kebijakan Jokowi melakukan transformasi besar-besaran di sektor pelayanan publik adalah agar masyarakat memiliki akses yang lebih optimal. Selain itu, melalui digitalisasi ini Jokowi berharap agar praktik-praktik kecurangan dapat dihapuskan.

Langkah Jokowi mendorong transformasi digital mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Carwinda.

Baca juga : Transformasi Digital dalam Manajemen SDM

Carwinda mengatakan Pemkab Bekasi telah melakukan transformasi digital sesuai arahan dari Presiden Jokowi. Ia menyebutkan masyarakat Bekasi bisa mengakses keperluan administrasi kependudukan secara daring.

“Dalam pelayanan adminduk juga sekarang sudah menggunakan online. Jadi artinya pemerintah daerah mendukung penuh dan mengimplementasikan instruksi pemerintah pusat (Jokowi),” ujar Carwinda, Sabtu (7/1/2023).

Baca juga : Jokowi: Birokrasi Harus Senang Melayani Bukan Dilayani

Selain itu, beberapa perizinan terkait wirausaha dan UMKM juga dapat diakses secara online. Langkah tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab Bekasi dalam mendukung transformasi digital yang terus diupayakan oleh Jokowi.

“Kami menerjemahkan kebijakan Pak Jokowi dalam langkah operasional kaitan dengan beberapa perizinan kita di Kabupaten Bekasi semua sudah menggunakan online,” pungkasnya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)