Ditolak DPRD, Pemprov DKI Batal Pindahkan Pelican Crossing Depan Perpusnas

Rabu, 04 Januari 2023 - 08:08 WIB
loading...
Ditolak DPRD, Pemprov DKI Batal Pindahkan Pelican Crossing Depan Perpusnas
Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho. Foto/MPI/M Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta batal memindahkan Pelican Crossing atau penyebrangan pejalan kaki di dekat Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat ke depan Plaza Selatan Monas.

Hal itu menyusul tak mendapat restu DPRD DKI Jakarta sehingga posisi Pelican Crossing berada di tempat semula.

”Itu existing kembali lagi ke awal, jadi nggak lewat taman tengah tapi dari situ langsung,” kata Kepala Dinas Bina MargaJakarta, Hari Nugroho, Rabu (4/1/2023).

Heru menjelaskan bahwa kalau digeser akan merusak taman di tengah Jalan Medan Merdeka Selatan. Menurutnya trotoar dari Balai Kota pun sudah bagus usai direvitalisasi. ”Nggak ada (pergeseran), (posisi pelican crossing) tetap,” imbuhnya.

Hari menjelaskan, dalam pertimbangan saran DPRD jika dilakukan penggeseran akan merusak taman tengah.

”Jalannya dari balkot toh udah bagus. Nggak ada masalah, tapi konsep awalnya kan itu mau dibikin kawasan hijau, dipindah ke arah sisi sana, kita geser ke arah Plaza Monas, tapi kalau pertimbangannya begitu ya nggak masalah,” tegasnya.

Untuk diketahui, Komisi Bidang Pembangunan DPRD DKI Jakarta menolak rencana pemindahan Pelican Crossing di Jalan Medan Merdeka Selatan. DPRD menilai rencana Dinas Bina Marga memindahkan tempat menyeberang ini pada akhir bulan belum matang.

Apalagi lokasi penyebrangan jalan di Jalan Merdeka Selatan saat ini sudah tepat dan tidak ada unsur kedaruratan untuk memindahkannya.

Pelican Crossing dinilai memudahkan warga untuk menyeberang menuju halte Transjakarta Balai Kota dan menuju taman parkir IRTIMonas.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)