BPBD DKI Akan Semaikan Garam di Langit Ibu Kota Jika Cuaca Semakin Memburuk

Rabu, 28 Desember 2022 - 22:34 WIB
loading...
BPBD DKI Akan Semaikan Garam di Langit Ibu Kota Jika Cuaca Semakin Memburuk
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta akan melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) dengan cara menabur pada langit Ibu Kota. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta akan melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) dengan cara menabur pada langit Ibu Kota. Hal itu dilakukan pada saat cuaca semakin buruk.

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Aji mengatakan pihaknya akan melakukan persemaian garam di langit Jakarta jika cuaca semakin ekstrem.

"Perlu teman-teman ingat TMC ini bisa dilakukan jika analisis cuaca semakin ekstrem. Jadi kalau analisis cuaca aman-aman saja kita tidak boleh melakukan proyeksi tersebut itu tidak bermanfaat," ujar dia kepada wartawan, Rabu (28/12/2022).

Dalam hal ini katanya, TMC hanya efektif jika dilakukan mulai pagi hari hingga sekitar pukul 17.00 WIB dengan hasil efektif akan terjadi dalam 4-15 jam ke depan.

Menurutnya, TMC ini disiapkan oleh beberapa pesawat yang dibantu oleh TNI AU, BRIN, dan BMKG. Dalam hal ini membawa beban garam akan dibawa oleh setiap kapasitas pesawat yang digunakan.

"Untuk jenis pesawat CN 212 bisa membawa 800 kg bahan semaian garam penyebaran dilakukan secara manual," kata dia.

"Sedangkan untuk Cassa bisa memuat 2,4 ton dan butuh waktu dua jam mempersiapkan semaian dalam bentuk konsul. Dan untuk Hercules bisa memuat minimal 5 ton bahan semaian," tutup dia.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)