Fenomena Hujan Es di Jakarta, Begini Penjelasan BMKG

Minggu, 18 Desember 2022 - 09:17 WIB
loading...
Fenomena Hujan Es di Jakarta, Begini Penjelasan BMKG
Hujan es terjadi di sejumlah wilayah di DKI Jakarta, Sabtu (18/12/2022). BMKG juga menjelaskan fenomena hujan es yang terjadi di Jakarta ini. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah wilayah di Jakarta sempat diguyur hujan es pada Sabtu 17 Desember 2022. Fenomena ini pun turut dijelaskan oleh BadanMeteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ).

Senior Forecaster BMKG Muhammad Reza menjelaskan, fenomena hujan es merupakan salah satu fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam skala lokal. Hal itu, kata dia, ditandai dengan adanya jatuhan butiran es dari awan serta dapat terjadi dalam periode beberapa menit.

"Fenomena hujan es dapat terjadi karena dipicu oleh adanya pola konvektifitas di atmosfer yang signifikan dalam skala lokal-regional," kata Reza dalam keterangannya, Minggu (18/12/2022).

Hujan es terbentuk dari sistem awan konvektif jenis Cumulonimbus (Cb) yang umumnya memiliki dimensi menjulang tinggi yang menandakan bahwa adanya kondisi labilitas udara signifikan dalam sistem awan tersebut. Sehingga, kata dia, hal ini dapat membentuk butiran es di awan dengan ukuran yang cukup besar.



Besarnya dimensi butiran es dan kuatnya aliran udara turun dalam sistem awan CB atau yang dikenal dengan istilah downdraft dapat menyebabkan butiran es dengan ukuran yang cukup besar yang terbentuk dipuncak awan Cb tersebut turun ke dasar awan hingga keluar dari awan dan menjadi fenomena hujan es.

Kecepatan downdraft dari awan Cb yang signifikan dapat mengakibatkan butiran es yang keluar dari awan tidak mencair secara cepat di udara. "Dan bahkan ketika sampai jatuh ke permukaan bumi pun masih dalam bentuk butiran es yang dikenal dengan fenomena hujan es," ujarnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)