SDN Pondok Cina 1 Akan Digusur, Disdik Depok: Beralih Fungsi dari Pendidikan ke Tempat Ibadah

Minggu, 11 Desember 2022 - 16:11 WIB
loading...
SDN Pondok Cina 1 Akan Digusur, Disdik Depok: Beralih Fungsi dari Pendidikan ke Tempat Ibadah
Kabid Pembinaan (Kabid) Sekolah Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok Wawang Buang mengatakan, SDN Pondok Cina 1 beralih fungsinya. Beralih fungsi dari sarana pendidikan ke ibadah. Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah memberikan sosialisasi soal pengosongan bangunan SDN Pondok Cina 01 . Bahkan, Pemkot Depok telah menghadirkan tokoh masyarakat, lurah, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), dan orang tua murid.

Kabid Pembinaan (Kabid) Sekolah Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok Wawang Buang menjelaskan, sosialisasi tersebut telah dilakukan pada tanggal 26 Agustus 2022. Wawang menyampaikan, murid-murid SDN Pondok Cina (Pocin) 01 ini nantinya akan dipindahkan ke SDN Pocin 03 dan 05.

"Ini kita sosialisasikan terkait untuk rencana sekolah pertama kemarin kajiannya (26 Agustus), kenapa harus di merger? Nah kita hitung, dari tiga sekolah di 1, 3, dan 5 secara sistem Dapodik (Data Pokok Pendidikan) itu masih bisa ditampung (murid-murid) di dua sekolah," tutur Wawang kepada wartawan, Minggu (11/12/2022).

Wawang menegaskan, penggusuran tersebut merupakan bagian dari keputusan kajian Pemkot Depok. Menurutnya, kajian tersebut memutuskan untuk mengalihkan fungsi lahan dari sarana pendidikan menjadi tempat ibadah.

"Ya kan tadi berawal dari kajian tadi. Peralihan lahan bahwa dari SD Pocin 01 ini beralih fungsinya, dari sarana pendidikan ke ibadah," ujarnya.

Kasatpol PP Kota Depok Lienda Ratna Nurdianny mengatakan, pihaknya diperintahkan untuk mengosongkan lahan SDN Pocin 01 karena adanya rencana pemusnahan aset (penggusuran).

"Jadi, pengosongan lahan ini adalah persiapan untuk pemusnahan aset. Kenapa pemusnahan aset itu harus dilakukan? Karena aset atau bangunan ini berdiri di atas lahan yang sudah beralih peruntukkannya, dari peruntukannya pendidikan menjadi ke masjid," terang Lienda.

Namun, Lienda juga menuturkan pengosongan lahan yang dilakukan pihaknya, juga bertujuan untuk mengamankan aset-aset pendidikan, guna nantinya dipindahkan ke SDN Pocin 03 dan 05.



"Intinya kami di sini mengawal, mau menjaga, mau mengupayakan Disdik Depok utnuk bisa mengamankan aset-aset yang ada di ruang-ruang kelas itu untuk bisa dipindahkan ke SD yang nanti dipergunakan untuk belajar anak-anak," tutur Lienda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)