Punya Utang Baju Rp10 juta, Emak-emak Nekat Bobol Rumah Kosong

Senin, 05 Desember 2022 - 13:29 WIB
loading...
Punya Utang Baju Rp10 juta, Emak-emak Nekat Bobol Rumah Kosong
Sejumlah anggota kepolisian menolong pelaku pencurian berinisial ES (42) yang pingsan setelah dihadirkan dalam press release di Mako Polresta Bogor Kota.Foto/MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Pelaku pencurian berinisial ES (42) pingsan setelah dihadirkan dalam press release di Mako Polresta Bogor Kota. Ibu rumah tangga ini ditangkap lantaran mencuri di rumah salah satu warga hingga menyebabkan kerugian sebesar Rp34 juta.

Pelaku yang mengenakan hijab dengan baju biru bertuliskan tahanan itu pingsan saat akan dibawa kembali ke ruang tahanan. Sejumlah petugas kepolisian bergerak cepat dengan membawa ES ke Klinik Dokkes Polresta Bogor Kota.

Wakapolresta Bogor Kota AKBP Ferdy Irawan mengatakan, ES beraksi bersama satu pelaku lainnya berinisial DW pada 25 November 2022. ES diajak oleh DW mencuri di rumah warga yang ditinggal penghuninya di Tajur Kota Bogor.

"Pelaku masuk ke rumah korban dengan menaiki tangga dan membuka pintu belakang rumah yang tidak terkunci," kata Ferdy kepada wartawan, Senin (5/12/2022).

Selanjutnya, ES masuk dan mengambil tas di dalam kamar berisi ATM dan KTP. Setelah berhasil, kedua pelaku melarikan diri ke arah Baranangsiang.

"Korban mengalami total kerugian kurang lebih Rp34 juta," ujarnya. Baca: Bobol Dua Rumah di Depok, Spesialis Pembobol Rumsong Dibekuk

Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota AKP Rizka Fadhila mengatakan, kedua pelaku awalnya mencoba pin ATM milik korban dengan tanggal lahir di KTP tetapi gagal. Lalu, keduanya mencoba kembali dengan pin nomor acak dan berhasil membobol ATM.

Korban, kata dia, melaporkan aksi pencurian di rumahnya kepada polisi. Hasil penyelidikan, ES ditangkap di kampung halamannya di wilayah Muara Enim, Palembang pada 3 Desember 2022.

Kepada polisi, ES mengaku uang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga membayar utang baju sebesar Rp10 juta. Saat ini, polisi masih melakukan pendalaman dan mencari pelaku lainnya yakni, DW yang masih buron.

(hab)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1423 seconds (10.55#12.26)