Susur Ciliwung dengan Heru Budi, Menteri PUPR: Kita Bersih-bersih Sungai Terbesar di Jakarta

Minggu, 04 Desember 2022 - 14:44 WIB
loading...
Susur Ciliwung dengan Heru Budi, Menteri PUPR: Kita Bersih-bersih Sungai Terbesar di Jakarta
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyusuri Kali Ciliwung menggunakan perahu dayung, Minggu (4/12/2022) pagi. Foto: MPI/Muhammad Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyusuri Sungai Ciliwung menggunakan perahu dayung, Minggu (4/12/2022) pagi. Start susur sungai dimulai dari Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan menuju kawasan BNI City, Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Menurut Basuki, kegiatan ini tak hanya mempopulerkan olahraga dayung melainkan sebagai upaya memelihara Ciliwung dan dapat digunakan masyarakat.
Baca juga: Heru Pastikan Normalisasi Ciliwung hingga Sodetan ke BKT Dilanjutkan

"Tujuan kami bukan untuk mempopulerkan olahraga dayung tapi juga selalu memelihara Ciliwung. Kita bersih-bersih Ciliwung supaya satu satunya sungai besar yang melewati Jakarta bisa dipakai oleh rakyat," ujar Basuki di BNI City, Jakarta Pusat, Minggu (4/12/2022).

Pihaknya berencana mengadakan festival dan lomba dalam rentang 4-6 bulan sekali. Salah satu lomba yang didorong yakni menghias getek dan tradisional boat.

"Dari sana Pasar Rumput sampai di sini (BNI City). Hadiahnya jangan ditanya siap-siap saja masyarakat Ciliwung. Lomba hias getek nanti juga kita ikuti tradisional boat supaya lebih meriah. Tujuannya hanya satu kita pelihara Ciliwung ini dengan baik," katanya.

Heru Budi mengimbau masyarakat merawat dan membenahi Kali Ciliwung. Dia juga mengimbau masyarakat tidak membuang sampah sembarangan ke kali.

"Intinya supaya kita sadar Kali Ciliwung harus dirawat dan tentunya harus dibenahi. Ciliwung milik kita semuanya. Kita membangkitkan kita cinta sungai," ujarnya.
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1995 seconds (11.97#12.26)