Ini Wilayah Rawan Banjir di Jakarta Utara

Sabtu, 17 Januari 2015 - 00:19 WIB
Ini Wilayah Rawan Banjir di Jakarta Utara
Ini Wilayah Rawan Banjir di Jakarta Utara
A A A
JAKARTA - Antisipasi terjadinya banjir dan genangan, Pemkot Jakarta Utara melakukan pemetaan titik lokasi genangan. Sedikitnya ada 93 titik yang rawan tergenang dengan ketinggian 10 centimeter hingga 100 centimeter di enam kecamatan.

Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Jakarta Utara, Deddy Tarmizi, mengatakan dari data itu, pihaknya telah melakukan persiapan khusus, berupa penyediaan posko banjir, dapur umum, dan lokasi pengungsian yang tersebar di 83 titik.

Untuk 83 titik pengungsian itu, kata Deddy, berada di Kecamatan Koja sebanyak empat lokasi, Pademangan enam lokasi, Kelapa Gading 10 lokasi, Penjaringan 15 lokasi, Tanjung Priok 27 lokasi dan Cilincing 21 lokasi.

"Kami juga telah mendistribusikan 28 ton beras ke tingkat kelurahan dan kecamatan," kata Deddy kepada wartawan, Jumat (16/1/2015).

Dibandingkan dengan tahun lalu, Dedi berasumsi, untuk tahun ini, angkanya tidak akan beda dikisaran 90-93 lokasi. Namun tak menutup kemungkinan, kata Deddy, angka itu berkurang, karena gencarnya Sudin Pekerjaan Umum (PU) dalam melakukan pengurasan dan pembuatan saluran air pada 2014 silam. "Harapan kami bisa turun," ungkap Dedi.

Sekedar catatan, lanjut Dedi, prakiraan cuaca ekstrem akan terjadi pada 10-28 Januari 2015. Cuaca ini cenderung agak lambat dibandingkan tahun lalu, karena tahun lalu, awal Januari cuaca sudah didatangi cuaca ekstrem.

Akibat cuaca ekstrem demikian, pada tahun 2014 lalu, tercatat ada 194 RW di 25 Kelurahan di enam Kecamatan Jakarta Utara yang terkena genangan. "Saat itu, 17.891 jiwa orang mengungsi karena banjir di Jakarta Utara," ungkapnya.

Perkiraan wilayah yang rawan tergenang:

Kecamatan Koja: Jalan Palem, Jalan Mangga, Jalan Walang Sari, Jalan Mindi, Jalan Bhayangkara, Jalan Kramat Jaya, dan Jalan Plumpang Raya

Kecamatan Pademangan: Jalan Gunung Sahari Raya, Jalan Ampera 5-7, Jalan Hidup Baru, Jalan Kampung Bandan, Jalan Pademangan 1 -22, dan Jalan Pademangan Tengah

Kecamatan Cilincing: Jalan Cakung Cilincing, Jalan Sungai Brantas, Jalan Pepaya 1-8, Jalan Kesemek, Jalan Kebon Baru, Jalan Kebantenan, dan Jalan Murai Raya

Kecamatan Tanjung Priok: Jalan Gaya Motor 1-3, Jalan Yos Sudarso, Jalan Enggano, Jalan R.E Martadinata, Jalan Swausaha, dan Jalan Swadaya

Kecamatan Penjaringan: Jalan Kapuk Muara Raya, Jalan Kamal Muara, Jalan Pluit Raya, Jalan Pluit Timur, Jalan Luar Batang 5, Jalan Teluk Gong Raya, Jalan Kampung Gusti, Jalan Muara Angke, Jalan Jembatan Tiga, dan Jalan Tanah Pasir.

Kecamatan Kelapa Gading: Jalan Boulevard Kelapa Gading, Jalan Boulevard Timur, Jalan Boulevard Barat, Jalan Pegangsaan Dua, Jalan Raya Kelapa Nias, dan Jalan Perintis Kemerdekaan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4430 seconds (0.1#10.140)