Profil Wakabareskrim Polri Irjen Asep Edi Suheri, Ahli Siber yang Bongkar Rekayasa Ferdy Sambo

Selasa, 22 November 2022 - 05:47 WIB
loading...
Profil Wakabareskrim Polri Irjen Asep Edi Suheri, Ahli Siber yang Bongkar Rekayasa Ferdy Sambo
Irjen Pol Asep Edi Suheri kini menduduki posisi Wakabareskrim Polri yang ditinggal Irjen Syahar Diantono setelah diangkat menjadi Kadiv Propam Polri menggantikan Ferdy Sambo. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Irjen Pol Asep Edi Suheri kini menduduki posisi Wakabareskrim Polri yang ditinggal Irjen Syahar Diantono setelah diangkat menjadi Kadiv Propam Polri menggantikan Ferdy Sambo . Asep naik jabatan dan pangkat dari sebelumnya sebagai Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Polri.

Pengangkatan Asep Edi sebagai Wakabareskrim tersebut tertuang dalam surat telegram rahasia (TR) dengan nomor ST/2134/X/KEP/2022 tertanggal 10 Oktober 2022.

Jenderal Asep memiliki prestasi cukup mentereng saat menjabat Dirtipidsiber Bareskrim Polri dengan pangkat Brigjen. Asep Edi berperan penting mengungkap kasus skenario Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan Brigadir Joshua.



Brigjen Asep ambil andil dalam membongkar kebenaran terkait CCTV di rumah Ferdy Sambo. Brigjen Pol Asep Edi Suheri. Brigjen Asep membongkar rekayasa Ferdy Sambo yang memerintahkan untuk mengambil rekaman CCTV vital kasus pembunuhan Brigadir Joshua.

Sebelum membantu Bareskrim Polri mengungkap rekayasa Ferdy Sambo. Asep Edi pernah memimpin penangkapan tersangka kasus penistaan agama di daerah Mengwi, Badung, Bali. pada Selasa 24 Agustus 2021.

Brigjen Asep juga berhasil mengungkap tersangka kasus penipuan aplikasi Quotex yang menjadi perbincangan di tengah masyarakat pada Maret 2022 lalu. Kasus ini melibatkan grazy rich asal Bandung, Doni Salmanan.

Di era Brigjen Asep Ditpidsiber Bareskrim Polri juga berhasil mengungkap skema kejahatan dunia maya yang menggunakan penipuan email terhadap perusahaan lintas negara. Kerugian dalam kasus ini mencapai Rp82 miliar.

Tindak kejahatan penipuan ini menggunakan skema business email compromise (BEC) yang ditujukan kepada beberapa perusahaan, manajer keuangan atau petugas keuangan di satu perusahaan dengan cara menyamar jadi rekan bisnis korban.

Dana tersebut ditujukan kepada rekan bisnis korban, namun sebenarnua dana tersebut dikirim kepada pelaku penipuan. Dalam perkara ini Ditpidsiber Bareskrim Polri menangkap empat orang pelaku warga negara Indonesia.



Adapun korban kejahatan ini, yakni WFH, perusahaan asal Taiwan yang bergerak di bidang makanan dan minuman, serta perusahaan SW Inc asal Korea Selatan yang bergerak di bidang elektronik.

Tak berhenti di Tanah Air, Brigjen Asep juga pernah memimpin Tim Polri dan Kemenkumham melakukan pertemuan dengan Federation Buerua Internasional (FBI) di FBI Headquarter, Wanghinton DC, Amerika Serikat. Pertemuan membahas tindak lanjut kerja sama pengungkapan jaringan pelaku kejahatan siber Internasional yang melibatkan beberapa negara.

Kala itu Dittipidsiber Bareskrim Polri melakukan pemeriksaan kepada beberapa korban yang berada di beberapa negara bagian Amerika Serikat, seperti New York, Washington DC dan Los Angeles.

Irjen Asep Edi Suheri lahir di Tasikmalaya, 16 November 1972. Sebelum menjalani sekolah di Akademi Kepolisian (Akpol), Asep Edi merupakan lulusan dari SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Ia berhasil menyelesaikan Akpol pada tahun 1994 dan kemudian menekuni karier di institusi kepolisian.

Asep Edi sangat berpengalaman di bidang reserse. Kariernya mulai cemerlang ketika Asep Edi menjadi Kapolres Cirebon Kota, Polda Jawa Barat, menggantikan AKBP Herucoko pada tahun 2011. Satu tahun setelahnya, ia menjadi Kapolres Sukabumi.

Pada tahun 2015, Asep Edi menjabat sebagai Wakapolres Metro Bekasi Polda Metro Jaya. Lalu ia ditunjuk menjadi Kapolres Kota Tangerang Polda Banten pada tahun 2016.

Kariernya terus menanjak. Ia juga pernah menjabat sebagai Kabaglotas Set NCB Interpol Divhubinter Polri pada tahun 2017. Sedangkan pada tahun 2020, ia menempati jabatan sebagai Waditipidter Bareskrim Polri.

Di tahun yang sama, Asep Edi juga menjadi Karokorwas PPNS Bareskrim Polri. Selanjutnya, pada 2021, Asep Edi menjabat sebagai Dirtipidsiber Bareskrim Polri.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)