Antisipasi Penularan Covid-19, Pedagang Pasar Kober Papanggo Ikuti Swab Test

Rabu, 08 Juli 2020 - 19:44 WIB
loading...
Antisipasi Penularan Covid-19, Pedagang Pasar Kober Papanggo Ikuti Swab Test
Puluhan pedagang Pasar Kober Papanggo, Jakarta Utara, ikuti swab test. Foto: Yohannes Tobing/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagai langkah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di tengah pasar, sebayak 89 pedagang Pasar Kober Kelurahan Papanggo ikuti swab test. Tes itu sebagai langkah antisipasi pasar yang berpotensi kluster baru penyebaran virus tersebut.

"Kami sampaikan apresiasi untuk para pedagang yang secara sadar mau mengikuti swab test. Dengan keikutsertaannya berarti membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Jakarta Utara," Lurah Papanggo Maryono di lokasi, Rabu (8/7/2020).

Sebelum mengelar swab test massal, kata dia, pihaknya terlebih dahulu melakukan rapat dengan pihak Puskesmas Kecamatan dan Puskesmas Kelurahan Papanggo. Tak hanya itu, kata dia, pihak pasar juga ikut dalam rapat tersebut.

"Tujuannya bisa tersampaikan kepada pedagang sekaligus memberikan edukasi manfaat dari pemeriksaan kesehatan tersebut," Jelasnya. ( )

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok dr. Ahrahayati Wildany mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini sesuai Surat Edaran Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara No. 016/2020 tentang Testing Covid-19 Masal di Pasar.

"Untuk itu diadakan test masal, dikarenakan potensi klaster Covid-19. Saat ini Active Case Finding (ACF) atau temuan kasus aktif berada di pasar," katanya. ( )

Dikatakan Ahrahayati, dengan ikutnya 89 pedagang dalam swab test ini menjadikan pedagang atau pembeli aman dan sehat saat beraktivitas di pasar. Namun demikian dirinya berharap masyarakat disiplin menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Ke 89 pedagang ini didata dengan memakai form Penyelidikan Epidemiologi (PE). Tujuannya agar diketahui apakah pedagang tersebut mempunyai penyakit penyerta ataupun lainnya," ucapnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2941 seconds (0.1#10.140)