Jenuh Kebanjiran, Warga Bantaran Kali Ciliwung Minta Normalisasi Sungai Disegerakan

Senin, 14 November 2022 - 08:59 WIB
loading...
Jenuh Kebanjiran, Warga Bantaran Kali Ciliwung Minta Normalisasi Sungai Disegerakan
Warga bantaran Kali Ciliwung minta normalisasi sungai segera dilakukan Pemprov DKI. Foto/MPI/M Farhan
A A A
JAKARTA - Warga yang berdomisili di bantaran Kali Ciliwung tepatnya di RT 15/07 Taman Harapan, Cawang, Kramatjati, Jakarta Timur, berharap Pemprov DKI Jakarta segera melakukan normalisasi. Sebab, mereka jenuh selalu kebanjiran.

Salah satu warga Taman Harapan, Aci (46) mengungkapkan dia sudah jenuh mengalami banjir setiap hujan melanda Ibu Kota. Ia mengaku kenyang mengalami banjir, terlebih karena sejak kecil sudah tinggal di dekat bantaran Kali Ciliwung.

”Kalau saya boleh meminta, saya berharap segera dilakukan normalisasi. Rumah saya digusur juga silahkan. Soalnya sedari lahir disini sampai sekarang, saya sudah mengalami banjir. Padahal tidak ada hujan,” terang Aci, Senin (14/11/2022).

Aci pun tetap meminta adanya solusi dari Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan penggantian terhadap rumahnya. Ia menuturkan, penggantian berupa biaya tersebut, akan digunakan untuk mencari rumah layak huni di tempat lain.

”Saya sih berharap jika digusur segera, tetapi dipindahkan ke rusunawa, saya tidak mau. Soalnya tinggal di rusun itu kan perlu biaya sewa, sedangkan saya ini kan tidak bekerja, jadi tidak ada biaya,” ujarnya.

Sementara Era (37) juga mengaku ingin dilakukan normalisasi segera di wilayah rumahnya. Ibu tiga anak ini menjelaskan, ia sering mengalami kesulitan ketika banjir karena menghambat anaknya pergi sekolah.

”Saya sih pokoknya jika segera normalisasi, segera mendapatkan penggantian nilai jual rumah saya. Supaya saya punya tempat tinggal. Soalnya kalau ngontrak kan biayanya mahal, apalagi kalau dipindah ke rusun,” kata Era.

Era mengaku rumah pribadinya tersebut, meski sayang dilepaskan, tetapi harus ditinggal lantaran banjir yang kerap datang. Posisi rumah Era yang merupakan hasil warisan orang tuanya tersebut, hanya berjarak 5 meter dari Kali Ciliwung.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan 4,8 kilometer normalisasi Ciliwung. Normalisasi difokuskan di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Normalisasi akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Yusmada Faizal menyebut, pembebasan lahan sudah dilakukan sejak 2021 atau era kepemimpinan Anies Baswedan. ”(Pembebasan lahan untuk normalisasi Ciliwung) sudah dari tahun lalu,”kata Yusmada.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)