Sebulan Pimpin DKI, Kinerja Heru Budi Diapresiasi Masyarakat

Sabtu, 12 November 2022 - 13:09 WIB
loading...
Sebulan Pimpin DKI, Kinerja Heru Budi Diapresiasi Masyarakat
Kepemimpinan Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta patut diapreasiasi.Foto/Dok/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kepemimpinan Heru Budi Hartono sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta patut diapreasiasi. Selama berjalan satu bulan Heru dinilai telah melakukan berbagai gebrakan untuk menuntaskan sejumlah persoalan krusial di Jakarta.

Ketua Umum Rumah Aktivis Institute (RAI), Andri Nurkamal mengatakan, Heru tengah membuktikan komitmennya untuk membawa Jakarta lebih baik lagi dalam satu bulan ini. "Kami melihat Pak Heru ini sedang kerja keras, sehingga tidak aneh kalau baru sebulan di DKI, banyak terobosan dia lakukan untuk Jakarta," kata Andri di Jakarta, Sabtu (12/11/2022).

Andri menuturkan, sejumlah gebrakan yang dilakukan Heru Budi antara lain membangun koneksitas dan konsolidasi dengan berbagai kementerian/lembaga seperti Kementerian PUPR, BUMN, Perhubungan, Perdagangan, dan lain-lain.

Kedua, kata Andri, untuk percepatan kinerja di internal Pemprov DKI Jakarta, Heru juga melakukan sejumlah rotasi jabatan.
"Dia memilih untuk menggerakkan kembali seluruh sumber daya Pemprov seperti apel siaga, menurunkan lagi pasukan berwarna ke jalan, kali dan lokasi rawan banjir. Itu terlihat bahwa Heru ingin jajarannya kerja cepat menyelesaikan apa yang jadi persoalan Jakarta, terutama banjir dan transportasi," tuturnya.

Menurut Andri, langkah Heru yang membuka lagi pos pengaduan dan gencar blusukan merupakan indikasi bahwa ingin mendengar langsung keluhan masyarakat.

"Strategi Pj Gubernur merangkul ormas, tokoh agama, tokoh muda dan para stakeholder sangat tepat untuk membangun koordinasi lebih intensif dalam menata kembali Jakarta," ujarnya.

Dari aspek kesehatan, lanjut Andri, Heru juga sudah melakukan monitoring kesiapan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) guna menjadikan laboratorium sebagai pusat rujukan laboratorium bagi daerah lainnya.

Andri pun memuji strategi Heru dalam melakukan pengawasan pelaku buang sampah sembarangan menggunakan pesawat tanpa awak (drone) yang menurutnya efektif sejak diimplementasikan

Kerja yang dilakukan Heru lainnya dalam rangka penanggulangan dan antisipasi musim hujan dan banjir melalui apel siaga, pengecekan sekaligus menginstruksikan dinas terkait untuk melakukan penambahan pompa pembuangan air, membuat sodetan kali, pembersihan waduk dan mengeduk endapan lumpur pada saluran-saluran air.

Bahkan dalam hal ketahanan pangan, Heru juga terus koordinasi dengan kementerian, dinas dan BUMD terkait untuk memastikan kecukupan stock beras di Pasar Induk Cipinang sebagai langkah antisipasi menghadapi gejolak kenaikan harga sembako.

"Heru juga telah menjalin komunikasi dan koordinasi dengan fraksi-fraksi di DPRD DKI serta berhasil merampungkan RAPBD 2023 sebelum berakhirnya tahun 2022," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2172 seconds (0.1#10.140)