Profil Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Pahlawan Nasional Mantan Kapolri 1945

Rabu, 09 November 2022 - 20:50 WIB
loading...
A A A
Untuk mengatasinya dibentuklah Polisi Perairan, yang di dalamnya ada Seksi Udara, Polisi Perintis, Polisi Kereta Api, Polisi Wanita. Pada 1950, seksi Public Relation dibentuk dengan tugas menjalin hubungan dengan masyarakat dan semua instansi yang ada di dalam maupun luar negeri.

Kapolri Pertama ini juga turut merumuskan Pedoman Hidup Kepolisian Negara, yang dikenal dengan Tri Brata Kepolisian.

Baca juga : Keluarga Besar Polri Bangga Kapolri Pertama RS Soekanto Menjadi Pahlawan Nasional

Sebagai Kepala Kepolisian Negara yang pertama, Soekanto memiliki gagasan agar kepolisian berdiri sendiri di dalam satu kementerian. Tujuanya agar bisa independen, profesional, serta tidak diintervensi oleh politik.

Kemudian pada tahun 1959, Bapak Kapolri ini mengakhiri masa tugasnya. Soekanto wafat pada tanggal 25 Agustus 1993. Beliau dimakamkan satu liang lahat dengan istrinya di TPU Tanah Kusir, Jakarta.

Dikutip dari presidenri.go.id, Gelar Pahlawan Nasional dianugerahkan kepadanya oleh Presiden Joko Widodo pada 10 November 2020 lalu, bertepatan dengan hari pahlawan.

Penganugerahan gelar pahlawan nasional didasari atas Keputusan Presiden (Keppres) RI No. 117 TK Tahun 2020 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)