DPRD DKI Setujui Pembangunan LRT Fase 2A Velodrome-Manggarai Rp442 Miliar

Kamis, 03 November 2022 - 19:08 WIB
loading...
DPRD DKI Setujui Pembangunan LRT Fase 2A Velodrome-Manggarai Rp442 Miliar
Banggar DPRD DKI Jakarta menyetujui PMD untuk pembangunan LRT Fase 2A Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur menuju Manggarai, Jakarta Selatan pada 2023. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BOGOR - Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta menyetujui penyertaan modal daerah (PMD) untuk pembangunan LRT Fase 2A Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur menuju Manggarai, Jakarta Selatan pada 2023. Adapun besaran PMD LRT Fase 2A senilai Rp442 miliar diserahkan ke BUMD PT Jakarta Propertindo ( Jakpro ) selaku pengembang yang berwenang.

Persetujuan ini ditetapkan dalam rapat Banggar DPRD DKI yang membahas rancangan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD 2023 di Grand Cempaka Resort, Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/11/2022). Baca juga: Proyek LRT Jakarta Fase 2, Heru Budi: Bisa Dilanjutkan Gubernur Berikutnya

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Derah (Setda) DKI Jakarta Sri Haryati menyebut, awalnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak menyetujui trek Velodrome-Manggarai.Namun, rapat terakhir Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono bersama Presiden Jokowi dan sejumlah menteri termasuk Menhub Budi Karya Sumadi diputuskan kelanjutan pembangunan trek LRT Velodrome- Manggarai.

"Tetapi, kemarin sudah diputuskan, dititip, langsung oleh Bapak Presiden, bahwa nanti (pembangunan trek LRT) dari Velodrome langsung ke Manggarai. Untuk itu, mohon bapak ibu (Banggar DPRD DKI), tentu ini (pembangunan trek LRT) nanti harus kita lanjutkan," tutur Sri dalam rapat Banggar tersebut.



Merespons hal itu, Ketua Banggar DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi bertanya kepada anggota Banggar terkait persetujuan usulan PMD kelanjutan pembangunan LRT Fase 2A Velodrome-Manggarai.

"Teman-teman (anggota Banggar), saya tanya, setuju enggak?" tanya Pras selaku pimpinan Banggar.

"Setuju," jawab para anggota Banggar.

Sebagai informasi, awalnya Pemprov DKI hendak melanjutkan pembangunan LRT Fase 2A dari Pegangsaan Kelapa Gading menuju Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Baca juga: 2 Tahun Beroperasi, LRT Jakarta Bangun Perpanjangan Jalur

Sementara itu, Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menitip pesan ke penerusnya untuk menyambungkan Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara dengan moda transportasi umum yakni LRT Jakarta dan KRL Commuter Line. Hal itu dituangkan Anies dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Provinsi DKI Jakarta tahun 2023-2026 yang ditandatangani pada 10 Juni 2022.

Anies pun meminta penerusnya untuk terus melanjutkan pembangunan LRT Fase 2A sepanjang delapan kilometer yang akan tersambung dari Kelapa Gading ke JIS di Jakarta Utara.

"Akses dari dan menuju kawasan juga akan terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti BRT BRT dan LRT yang terhubung dengan akses pejalan kaki yang memadai. Selain itu juga didorong melalui pengembangan aksesibilitas stasiun KRL JIS yang merupakan kewenangan Pemerintah Pusat," tulis Anies dalam Pergub tersebut dikutip MNC Portal Indonesia, Rabu 21 Oktober 2022.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3593 seconds (11.210#12.26)