Inilah Silsilah Keluarga dan Profil Anies Baswedan yang Perlu Diketahui

Kamis, 03 November 2022 - 13:04 WIB
loading...
Inilah Silsilah Keluarga dan Profil Anies Baswedan yang Perlu Diketahui
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Siapa pun pasti mengenal Anies Baswedan . Dia adalah Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Anies juga dikenal sebagai tokoh intelektual dan akademisi Indonesia.

Anies lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969. Ayahnya bernama Rasyid Baswedan yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Baca juga: Anies Pamer DKI Raih 2 Penghargaan Bidang Transportasi dan Lalin

Ibunya bernama Aliyah Rasyid merupakan Guru Besar Fakultas Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Aliyah Rasyid lahir di Cipicung, Kuningan, Jawa Barat, 20 Maret 1940.

Aliyah Rasyid pernah menjabat Ketua Umum DPP Wanita Islam di Yogyakarta selama tiga periode. Kemudian, aktif memimpin penyaluran beasiswa untuk siswa dan mahasiswa berasal dari keluarga prasejahtera selama 3 dekade.

Anies adalah anak sulung dan mempunyai dua adik yaitu Ridwan Baswedan dan Abdilah Baswedan.

Sebelum terjun di dunia politik, Anies merupakan akademisi dan peneliti yang sangat aktif. Dia pernah bekerja di Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi Universitas Gadjah Mada. Anies juga meraih beasiswa Fulbright dari Yayasan Pertukaran Pelajar Indonesia- Amerika atau American Indonesian Exchange Foundation.

Anies mendapatkan beasiswa itu untuk melanjutkan kuliah masternya pada bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi School of Public Affairs di Universitas Maryland tahun 1997.

Setelah lulus, dia mendapatkan beasiswa dalam bidang ilmu politik di Northern Illionois University tahun 1999.

Anies pernah mendapat amanah sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menjabat Mendikbud periode 2014-2016.
Baca juga: Ini 6 Penghargaan Bergengsi Pemprov DKI Jakarta Era Anies Baswedan

Kakeknya Anies yang bernama Abdurrahman Baswedan merupakan seorang pahlawan nasional dan dikenal juga sebagai seorang jurnalis, nasionalis, diplomat, pejuang kemerdekaan, serta sastrawan Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)