6 Fakta Pembunuhan Sadis Icha, Nomor 3 Pelaku Tersenyum di Lift

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 11:05 WIB
loading...
6 Fakta Pembunuhan Sadis Icha, Nomor 3 Pelaku Tersenyum di Lift
Christian Rudolf Tobing (36), tersangka pembunuhan Icha yang mayatnya ditemukan di kolong Tol Becakayau tampak senyum di dalam lift. Foto: Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Penemuan mayat wanita dengan kondisi jasad terbungkus plastik hitam dan dilakban ditemukan di Kolong Tol Becakayu , Jalan Infeksi Kalimalang, Jatibening, Pondok Gede, Kota Bekasi, Selasa 18 Oktober 2022 menggegerkan warga. Belakangan diketahui kalau mayat itu merupakan wanita bernama Ade Yunia Rizabani alias Icha (36).

Polisi yang menangani kasus ini kemudian melakukan olah tempak kejadian perkara (TKP) dan jasad Icha. Dari pemeriksaan TKP dan jasad tersebut, polisi kemudian mengungkap identitas korban yang merupakan warga Pulogebang, Jakarta Timur.

Dari hasil olah TKP itu, polisi mengantongi identitas terduga pelaku berinisial R. Bahkan, aksi pelaku usai membunuh Icha beredar luas di media sosial (medsos). Pria berkepala plontos itu tampak santai saat membawa troli yang disuga korban saat masuk lift di salah satu apartemen Jakarta.

Lalu seperti apa fakta-fakta pembunuhan Icha di sebuah apartemen itu. Berikut fakta yang dihimpun SINDOnews:

1. Ada Luka Akibat Benda Tumpul di Kepala

Jenazah ARY (36) yang ditemukan di kolong Tol Becakayu, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondok Gede, Kota Bekasi merupakan korban pembunuhan. Polisi menemukan luka akibat benda tumpul pada bagian kepala.

”Mayatnya utuh, seorang wanita. Ditemukan luka benda tumpul saja dia di bagian kepala,” kata Kapolsek Pondok Gede Kompol Herman Edco Wijaya Simbolon, Selasa 18 Oktober 2022.

Polisi masih menunggu hasil autopsi untuk menentukan penyebab meninggalnya wanita tersebut. Menurutnya proses autopsi pun masih dalam proses.

”Jadi, kami masih menunggu nanti penyebab meninggalnya adalah hasil autopsi, masih proses,” tuturnya.

2. Pelaku Pembunuhan Pelaku Tunggal Polisi telah menangkap pelaku pembuang mayat perempuan berinisial ARY (36) di bawah Jalan Tol Becakayu, Pondok Gede, Bekasi kemarin. Pelaku yang diketahui berinisial R itu diduga merupakan pelaku tunggal pembunuhan.

"Pelaku pembuang mayat adalah pelaku tunggal pembunuhan, sudah (berstatus tersangka)," ujar Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengky Haryadi, Rabu 19 Oktober 2022.

Menurut Hengky, pelaku melakukan aksi pembunuhan terhadap Icha di sebuah apartemen bilangan Jakarta. Pelaku yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka itu diciduk polisi saat hendak menjual laptop milik korban di Pondok Gede, Bekasi.

“(Pelaku) yang membuang korban sudah diamankan, (ditangkap) jam 11-an di Pondok Gede,” ujar Hengki.



3. Pembunuh Tersenyum Saat Bawa Troli Berisi Mayat

Tersangka pembunuhan berinisial R (36) tersenyum saat mendorong troli mayat wanita dalam plastik berinisial AYR (36). Mayat AYR dibuang di kolong Tol Becakayu, Kalimalang, Pondok Gede, Kota Bekasi. Tersangka menghabisi AY rekan kerjanya itu di Apartemen Pramuka, Jakarta Timur, Senin 17 Oktober 2022. Kemudian, mayat yang dibuang di kolong Tol Becakayu itu ditemukan oleh warga pada Selasa 18 Oktober 2022.

Berdasarkan video yang diunggah Instagram @bekasi24jam, Kamis (20/10/2022) tampak tersangka masuk ke lift mendorong troli. Troli itu mengangkut kantong berwarna biru hingga bantal dan guling.Usai troli masuk lift, tersangka berkepala plontos itu dengan santainya melempar senyum kepada seseorang yang berada di lift. Senyuman itu terekam beberapa detik.

Pengguna lift tidak menaruh curiga terhadap isi troli yang dibawa tersangka R.

4. Pembunuhan karena Sakit Hati

Tim Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengungkap motif pembunuhan perempuan inisial AYR (36) yang jasadnya ditemukan di kolong Tol Becakayu, Pondok Gede, Kota Bekasi.

Pelaku adalah pria bernama Christian Rudolf Tobing (36) yang merupakan rekan kerja korban. Pembunuhan tersebut terjadi karena pelaku merasa sakit hati.

”Dari hasil pemeriksaan terhadap tersangka, yang bersangkutan telah membunuh korban dengan motif tersangka sakit hati,” ujar Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi, Rabu 19 Oktober 2022.

Hengki mengatakan, tersangka Rudolf membunuh korban di kamar apartemen karena sakit hati.

"Jadi korban dengan tersangka ini rekan kerja. Tersangka mengajak korban ke apartemen. Setibanya di apartemen mereka ngobrol soal podcast," ujar Hengki.

Menurut dia, tersangka membunuh korban karena sakit hati atas perkataan korban. Namun, polisi masih menggali motif tersebut mengingat barang-barang korban dibawa tersangka.

5. Motif Pemunuhan karena Dendam

Polisi menduga motif Christian Rudolf Tobing (36) tega membunuh Ade Yunia Rizabani alias Icha (36) karena dendam. Sebelumnya, sesosok mayat ditemukan di kolong Tol Becakayu, Jalan Kalimalang, Jatibening, Pondok Gede, Kota Bekasi, Selasa 18 Oktober 2022.

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan, tersangka Rudolf dan korban Icha merupakan satu lingkungan pertemanan. Dalam lingkungan pertemanan tersebut, tersangka mengaku pernah merasakan sakit hati terhadap Icha.

"Dari hasil pemeriksaan sementara, tersangka mengaku sakit hati. Tersangka menyimpan dendam terkait masalah di Circle pertemanan mereka," kata Hengki kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jumat 21 Oktober 2022.

6. Pelaku Korban Penganiayaan Orang Tua

Christian Rudolf Tobing (36), tersangka pembunuhan wanita yang mayatnya dibuang di kolong Tol Becakayu , Pondok Gede, Kota Bekasi ternyata semasa kecil kerap dipukuli sang ayah. Rudolf menghabisi rekan kerjanya Ade Yunia Rizabani (36) di apartemen Jakarta Pusat.

Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi menuturkan hal itu diketahui setelah penyidik memeriksa psikologi Rudolf.

"Pelaku ini mempunyai trauma masa kecil," ujarnya di Jakarta, Jumat 21 Oktober 2022.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3698 seconds (0.1#10.140)