Senyum Lebar Juhaina Zahra, Pasien Operasi Sumbing MNC Peduli

Rabu, 19 Oktober 2022 - 15:09 WIB
loading...
Senyum Lebar Juhaina Zahra, Pasien Operasi Sumbing MNC Peduli
Juhaina Zahra pasien MNC Peduli di Kabupaten Bekasi. Foto/MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
BEKASI - Keseharian Juhaina Zahra (4) berubah pascamenjalankan operasi bibir sumbing pada 2019 silam. Aina sapaan akrabnya kini bisa menjalan aktivitasnya tanpa hambatan.

Aina merupakan salah satu pasien MNC Peduli dalam progran operasi sumbing yang bekerja sama dengan Smile Train Indonesia.Saat itu, operasi dilakukan di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur bersama pasien lainnya.

Sebelum menjalankan operasi, ada hambatan ketika Aina harus mengkonsumsi makanan dan minuman sehari-hari. Bahkan, Aina tidak bisa merasakan asi sang ibu secara langsung.

“Makanan atau minuman yang masuk harus disuap pakai sendok, makannya susah jadi sering keluar lagi lewat hidung,” ucap Riri Arianti (33) ibunda Zaina, Rabu (19/10/2022).

Kini, Aina sudah mampu minum dari gelasnya sendiri. Anak perempuan berusia empat tahun ini bahkan mampu menyuap makanannya sendiri.“Beda dari yang dulu, sekarang makan pun sendiri dia udah bisa, jadi Alhamdulillah sekali operasi ini,” tuturnya.

Riri bahkan mengaku anaknya sempat dikucilkan lantaran kondisi bibir sumbingnya. Menurutnya, Aina kerap menjadi buah bibir teman sebayanya.

“Meskipun masih kecil, kadang kita gak tega kan ngelihat temannya pada tanya kenapa bibirnya. Sekarang udah senang dia bisa main sama teman-temannya,” ucap dia.

Bocah asal Desa Sukaindah ini kini lebih mantap untuk mengenyam pendidikan di tahun 2023 mendatang.

“Udah lebih siap kan karena dia udah bisa komunikasi lancar, jadi kita gak kepikiran biaya double, satu operasi satu biaya sekolah, ini tinggal mikir biaya sekolah aja,” pungkasnya.



Sebagai informasi MNC Peduli sudah lebih dari satu dekade telah membantu lebih dari 5.100orang operasi sumbing gratis. MNC Peduli bekerjasama dengan Smile Train Indonesia dan juga rumah sakit di sejumlah kota.

Kepedulian MNC Peduli untuk memfasilitasi operasi sumbing gratis bukan sebatas estetika semata. Melainkan manfaat lainnya yang dapat dirasakan.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)